Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Zakat Mata Pelajaran Fiqih (Studi di Kelas X MA Al-Fathaniyyah Kota Serang).

Nabilah, Miranda (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Zakat Mata Pelajaran Fiqih (Studi di Kelas X MA Al-Fathaniyyah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAGIAN DEPAN)
bagian depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (418kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (605kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (321kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (774kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (147kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Miranda Nabilah. 171210075. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Zakat Mata Pelajaran Fiqih (Studi di Kelas X MA Al-Fathaniyyah Kota Serang). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan keefektifitasan media pembelajaran permainan monopoli untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi zakat mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Al-Fathaniyyah Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (RnD) Research and Development dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan menggunakan angket. Sumber data dalam penelitian ini, yaitu guru mata pelajaran Fiqih, siswa kelas X MA Al-Fathaniyyah kota Serang, ahli media dan ahli materi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran permainan monopoli yang sangat efektif digunakan berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru mata pelajaran Fiqih, dan siswa memperoleh presentase 88%, 80%, 84%, 85% jika dirata-ratakan termasuk dalam kriteria “sangat valid”. Dan motivasi belajar siswa di kelas X MA Al-Fathaniyyah mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran permainan monopoli pada materi zakat mata pelajaran Fiqih, yaitu dengan perolehan presentase 45 % sebelum menggunakan media pembelajaran permainan monopoli menjadi 87,5 % setelah menggunakan media pembelajaran permainan monopoli.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Permainan Monopoli
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 12 Nov 2021 03:58
Perubahan Terakhir: 12 Nov 2021 03:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7488

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.