Nurani, Ersa Ayu (2021) Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Berdasarkan Penerapan Sosiometri pada Siswa Kelas VIII SMPIT Fajrul Karim Cinangka Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks (COVER)
COVER Skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (109kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (7kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (460kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (300kB) |
||
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (644kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (712kB) |
||
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (286kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan dan berinteraksi dengan lingkungannya. Berinteraksi dengan orang lain disebut hubungan interpesonal, manusia dapat berinteraksi baik di rumah, sekolah, kantor, tetangga dan lainnya. Berinteraksi tidak bisa dihindari dalam bersosial. Siswa yang bersekolah di pesantren tingkat interaksinya lebih sering dibandingkan siswa yang hanya bertemu di sekolah. Di Pondok Pesantren siswa melakukan interaksi setiap hari selama 24 jam. SMPIT Fajrul Karim merupakan sekolah yang berasrama. Sehingga siswa lebih sering melakukan interaksi dengan yang lainnya. Tingkat interaksi yang sering dapat menciptakan hubungan interpersonal yang baik atau buuruk, tergantung kemampuan siswa dalam melakukan hubungan interpersonal. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan sosiometri untuk mengetahui kemampuan hubungan interpersonal siswa, 2) Bagaimana penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan kemampuan hubungan interpesonal siswa. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui penerapan sosiometri untuk mengetahui kemampuan hubungan interpersonal siswa, 2) Untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan kemampuan hubungan interpesonal siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunaan metode kualitatif dengan format desain deskriptif analisis, yaitu menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan instrumen sosiometri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan sosiometri untuk mengetahui hubungan interpersonal merupakan alat bantu yang tepat guna mendapatkan data hubungan interpersonal. Kondisi hubungan interpersonal siswa SMPIT Fajrul Karim memiliki perubahan setelah diberikan treatmen konseling kelompok. Hasil data pra treatment sampai pos treatment menunjukan perubahan hubungan interpersonal yang lebih baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Konseling Kelompok, Hubungan Interpersonal, Sosiometri |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2021 04:04 |
Perubahan Terakhir: | 16 Apr 2024 03:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7389 |
Actions (login required)
Lihat Item |