Maulana, Jaihan (2021) Pengembangan Modul Pada Pendekatan Model Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Materi Iman Kepada Allah di MTsN 3 Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Jaihan Maulana. 171210006. 2021. Pengembangan Modul Pada Pendekatan Model Card Sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Materi Iman Kepada Allah di MTsN 3 Kota Cilegon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan modul pada pendekatan model card sort untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak pada k materi Iman Kepada Allah di MTsN 3 Kota Cilegon dan untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapannya berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan praktisi pendidikan serta penilaian dari peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development yang mengacu pada prosedur pengembangan Thomlinson, tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut: Analisis kebutuhan, desain, revisi, implementasi dan evaluasi. Dalam evaluasi terdapat 3 uji coba yaitu uji coba lapangan awal, lapangan utama dan lapangan operasional. Uji coba awal dilaksanakan di MTsN 3 Cilegon dengan melibatkan 3 orang, uji coba lapangan utama melibatkan 10 orang dan uji coba lapangan operasional dengan melibatkan 24 orang. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kuaitatif dari data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pendidikan dan siswa untuk mengetahui kelayakan penerapan dari modul pembelajaran dalam model card sort. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, menghasilkan produk modul pada pendekatan model card sort. Kedua, kelayakan modul berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan skor 100 % masuk kedalam kriteria sangat baik, penilaian dari ahli media sebesar 86 % masuk kedalam kriteria sangat baik sedangkan penilaian dari ahli Pembelajaran Akidah Akhlak sebesar 84 % masuk kedalam kriteria sangat baik. Dari hasil presentase tersebut dapat dikatakan bahwa hasil belajar siswa dengan modul diperoleh rata-rata sebesar 92,3 lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang sebelumnya tidak menggunakan modul dengan perolehan rata-rata 65,7.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, modul, dan card sort |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2021 07:29 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2021 07:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7368 |
Actions (login required)
Lihat Item |