Mar'ah, Mar'ah (2021) Penerapan Metode SQ3R( Survey, Question, Read, Recite, Review) Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam(Studi di Kelas X SMAN 4 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
1.COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (85kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI)
2.LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (481kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (426kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (339kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (212kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (254kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (93kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Mar’ah, NIM: 161210101, Judul Skripsi: Penerapan Metode SQ3R( Survey, Question, Read, Recite, Review) Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam(Studi di Kelas X SMAN 4 Kota Serang) Latar belakang penelitian ini adalah setiap kali pembelajaran yang diajarkan di sekolah pasti dilihat dari seberapa besar pemahaman materi pembelajaran, oleh karena itu mutu pembelajaran yang ada di sekolah sangatlah penting untuk memajukan sekolah dan kemampuan siswa. Banyak siswa yang belum mengerti dengan materi yang telah dipelajari dan banyak siswa yang belum berperan aktif pembelajaran. Untuk itu seorang pendidik atau guru PAI memilih metode SQ3R yang bisa membantu peserta didik untuk belajar dengan aktif, mandiri, dan memahami materi yang telah dipelajari. Metode ini dirasa lebih mudah dimengerti, sehingga peserta didik lebih cepat mengusai. Selain itu, metode ini dirasa lebih efesien dibandingan metode-metode yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Bagaimana strategi penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Apa masalah dalam penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagaimana cara mengatasi masalah dalam penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bagaimana hasil dalam penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah, sebagai penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan mutu pembelajaran.Untuk mengetahui strategi penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Apa masalah dalam penerapan metode SQ3R. Mengetahu cara mengatasi masalah dalam penerapan metode SQ3R. Mengetahui hasil dalam penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Manfaat penelitian ini adalah, Menambah wawasan pengetahuan dan pengalaman tentang penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan mutu pembelajaran siswa. Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi. Teknik analisis data yang digunkan meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display). dan penarikan kesimpulan (conclution). iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode SQ3R di SMA Negeri 4 Kota Serang baik dan efektif. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Kota Serang sudah kondusif. Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran itu efektif yaitu antusias siswa selama dalam proses pembelajaran dan mutu pembelajaran siswa meningkat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode, Mutu, Pembelajaran, Pendidikan. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 08 Nov 2021 06:55 |
Perubahan Terakhir: | 08 Nov 2021 06:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7364 |
Actions (login required)
Lihat Item |