Pengembangan Pendidikan Formal di Pondok Pesantren

Paijal, Muhammad Arip (2021) Pengembangan Pendidikan Formal di Pondok Pesantren. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (344kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (225kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (367kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (256kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (536kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

M. Arip Paijal. 161250010. Pengembangan Pendidikan Formal di Pondok Pesantren Pada pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren terdapat masalah dengan, pertama bagaimana peran kepala sekolah dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Kedua bagaimana strategi Pondok Pesantren dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. Ketiga Bagaimana implementasi pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Trabiyatul Mubtadiin. Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, sebagai berikut; (1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin? (2) Seperti apa strategi pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin? (3)Bagaimana implementasi pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin? Tujuan penelitian ini;(1) Untuk mengetahui apa saja peran kepala sekolah dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. (2) Untuk mengatahui strategi apa saja dalam mengembangkan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin.(3)Untuk mengetahui bagaimana implentasi pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan Teknik pengumpuan data melakuakn observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan reduksi data dan penyajian data secara naratif berdasarkan data yang berhasil ditemukan dilapangan. Kesimpulan dalam penelitian pertama Peran kepala sekolah pada Pendidikan formal di pondok pesantren merupakan suatu hal yang sangat komplek. Dimana kepala Sekolah bukan hanya berperan mengatur, mengawasi, serta melaksanakan namun juga harus bisa menjadi tauladan dan contoh baik untuk guru-guru dan siswa. Kedua, strategi yang digunakan melakukan komparasi antara kondisi madrasah saat ini dengan kondisi ideal yang diharapkan. menggunakan metode analisis SWOT atapun EDM. ketiga, Pendidikan formal di pondok pesantren Tarbiyatul Mubtadiin sangat menerapkan 8 standar Pendidikan dalam upaya pengembangan Madrasah. Dengan selalu menerapkan perencanaan, pengawasan dan pelaksanaan. Kata Kunci: M. Arip Paijal. 161250010. Pengembangan Pendidikan Formal di Pondok Pesantren Pada pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren terdapat masalah dengan, pertama bagaimana peran kepala sekolah dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin Kedua bagaimana strategi Pondok Pesantren dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. Ketiga Bagaimana implementasi pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Trabiyatul Mubtadiin. Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, sebagai berikut; (1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin? (2) Seperti apa strategi pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin? (3)Bagaimana implementasi pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin? Tujuan penelitian ini;(1) Untuk mengetahui apa saja peran kepala sekolah dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. (2) Untuk mengatahui strategi apa saja dalam mengembangkan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin.(3)Untuk mengetahui bagaimana implentasi pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadiin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif-deskriptif dengan Teknik pengumpuan data melakuakn observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis menggunakan reduksi data dan penyajian data secara naratif berdasarkan data yang berhasil ditemukan dilapangan. Kesimpulan dalam penelitian pertama Peran kepala sekolah pada Pendidikan formal di pondok pesantren merupakan suatu hal yang sangat komplek. Dimana kepala Sekolah bukan hanya berperan mengatur, mengawasi, serta melaksanakan namun juga harus bisa menjadi tauladan dan contoh baik untuk guru-guru dan siswa. Kedua, strategi yang digunakan melakukan komparasi antara kondisi madrasah saat ini dengan kondisi ideal yang diharapkan. menggunakan metode analisis SWOT atapun EDM. ketiga, Pendidikan formal di pondok pesantren Tarbiyatul Mubtadiin sangat menerapkan 8 standar Pendidikan dalam upaya pengembangan Madrasah. Dengan selalu menerapkan perencanaan, pengawasan dan pelaksanaan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pondok Pesantren, Pendidikan Formal, Pengembangan Pendidikan.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2021 01:26
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2021 01:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7330

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.