Rahmawati, Eneng Anita (2021) Pengaruh Harga, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Merek Rabbani pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Eneng Anita Rahmawati, NIM: 161410065, Judul Skripsi: Pengaruh Harga, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Merek Rabbani pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah). Fenomena persaingan yang ada dalam era globalisasi akan semakin mengarahkan sistem perekonomian Indonesia kemekanisme pasar yang memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut market share (pangsa pasar). Diantara aset untuk mencapai keadaan tersebut adalah harga, merek, dan kualitas. Harga merupakan salah satu alasan prioritas konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. Merek adalah suatu hal yang sangat penting bagi sebuah produk, dengan adanya merek maka barang akan mudah untuk dikenali oleh konsumen. Ketika kualitas produk yang diharapkan oleh konsumen berbeda jauh terhadap apa yang didapatkannya, kemungkinan akan membuat konsumen merasa tidak puas dan dapat beralih melakukan keputusan pembelian kepada produk pesaing dan hal ini akan memberikan kesan kualitas yang jelek bagi konsumen. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut meliputi: 1) Apakah terdapat pengaruh antara harga terhadap keputusan pembelian produk? 2) Apakah terdapat pengaruh antara kesadaran merek terhadapat keputusan pembelian produk? 3) Apakah terdapat pengaruh antara kesan kualitas terhadap keputusan pembelian Produk? 4) Seberapa besar pengaruh antara harga, kesadaran merek dan kesan kualitas terhadapt keputusan pembelian produk? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara harga terhadap keputusan pembelian produk 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kesadaran merek terhadap keputusan pembelian produk 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kesan kualitas terhadap keputusan pembelian produk 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara harga, kesadaran merek dan kesan kualitas terhadap keputusan pembelian produk. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: Uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, uji koefisienkorelasi dan determinasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 90 responden, diperoleh persamaan regresi Y= -0,733 + 0,400 + 0,490 + 0,905 +e , dan hasil uji hipotesis diperoleh fhitung lebih besar dari ftabel (35,480 > 2,71) hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh antara harga, kesadaran merek dan kesan kualitas dengan keputusan pembelian produk. Sedangkan untuk melihat seberapa besar pengaruhnya penulis menggunakan koefisien determinasi dimana R2 = 0,553 artinya pengaruh harga, kesadarn merek dan kesan kualitas terhadap keputusan pembelian produk sebesar 55,3%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 44,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Harga, kesadaran merek, kesan kualitas dan keputusan pembelian |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Okt 2021 01:28 |
Perubahan Terakhir: | 15 Okt 2021 01:28 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7136 |
Actions (login required)
Lihat Item |