Pelatihan Menghafal Al-Quran Dengan Metode Wahdah Dan Metode Kitabah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa Kelas 5 Dan 6 MI El-Syarif

Sholatiyah, Lala (2021) Pelatihan Menghafal Al-Quran Dengan Metode Wahdah Dan Metode Kitabah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa Kelas 5 Dan 6 MI El-Syarif. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover Rev Lala.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (335kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (304kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (570kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III rev.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (607kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV rev.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (530kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (217kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Lala Sholatiyah. 171210090. 2021. Pelatihan Menghafal Al-Quran Dengan Metode Wahdah Dan Metode Kitabah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa Kelas 5 Dan 6 MI El-Syarif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Proses Pelatihan Hafalan al-Qur’an Siswa Kelas 5 dan 6 MI El-Syarief. Untuk Mengetahui Hasil Penelitian Pada Pelatihan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas 5 dan 6 MI El-Syarief. Metodologi penelitian yang digunakan metode PAR atau Participatory Action Risearch, dengan menggunakan 11 teknik penelitian yaitu: Pertama, melakukan penelusuran wilayah. Kedua, melakukan pemetaan wilayah. Ketiga, melakukan analisis pohon masalah. Keempat, melakukan wawancara semi terstruktur. Kelima, membuat matrik peringkat. Keenam, membuat bagan hubungan kelembagaan. Ketujuh, membuat bagan hubungan kelembagaan. Kedelapan, membuat bagan perubahan dan kecenderungan. Kesembilan, membuat analisis kalender musim. Kesepuluh, membuat alur sejarah. Kesebelas, membuat diagram alur. Sampel dalam penelitian ini adalah data primer kepada siswa kelas 6 yang berjumlah 31, siswa kelas 5a yang berjumlah 16, siswa kelas 5b yang berjumlah 19 dengan total 66 jumlah siswa, dan kepada wali kelas 6, wali kelas 5a, wali kelas 5b dan kepala sekolah. penelitian ini masuk dalam kategori penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi yang termasuk dalam sebelas teknik yang ada pada PAR. Pelatihan metode wahdah dan metode kitabah yang telah dilakukan pada tanggal 18 Maret 2021, dengan tahapan sebagai berikut: Pertama, Siswa mengamati tentang pengertian dan sistem pelatihan menghafal Al-Qur’an dengan metode wahdah dan metode kitabah yang dilakukan oleh pemateri. Kedua, Siswa melakukan praktik menghafal Al-Qur’an dengan metode wahdah dan metode kitabah, sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh pihak sekolah. Ketiga, Siswa melakukan penyetorkan hafalan dan tes menulis ayat yang telah dihafal kepada peneliti. Keempat, Siswa melakukan pengisian angket yang disebarkan oleh peneliti. Hasil penelitian di MI El-Syarif dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan menghafal Al-Qur’an dengan metode wahdah dan metode kitabah dapat meningkatkan target hafalan Al-Quran siswa kelas 5 dan 6 MI El-Syarif, dari data sebelum adanya pelatihan banyak siswa yang tidak mencapai target hafalan dengan rentan nilai 65-85, setelah adanya pelatihan dapat meningkatkan hafalan siswa sesuai target yang ditentukan, dengan rentan nilai akhir Tes hafalan dan Tulisan 76-98 yang dikategorikan “Baik”. Dan berdasarkan data angket skala sikap yang disebarkan kepada siswa dengan jumlah presentase 75%, yang dikategorikan “Baik”.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pelatihan, Metode Wahdah, Metode Kitabah, dan Hafalan Siswa.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 29 Sep 2021 03:55
Perubahan Terakhir: 29 Sep 2021 03:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/7013

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.