Rahmawati, Ida (2021) Peran Pengasuh Pondok Pesantren Dalam Pembinaan Akhlak Santri (Studi di Pondok Pesantren Al-Madina Banjar-Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
lampiran depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (314kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (304kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (365kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (210kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (329kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Ida Rahmawati, NIM 161210080, Judul Skripsi Peran Pengasuh Pondok Pesantren Dalam Pembinaan Akhlak Santri (Studi di Pondok Pesantren Al-Madina Banjar-Pandeglang). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan akhlak santri, peran pengasuh Pondok Pesantren dalam pembinaan akhlak santri dan untuk mengetahui hambatan dalam pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Madina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif Deskriptif. Dalam penelitian ini data diperoleh dari sumber data primer yaitu pengasuh Pondok Pesantren, ustad bagian pengasuhan santri putra, ustadzah bagian pengasuhan santri putri, 2 orang santriawan dan 2 orang santriawati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) Keadaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Madina Sebagian besar sudah mengarah kepada perbuatan yang sesuai dengan nilai-nilai Agama Islam. Adapun prilaku santri yang kurang baik (melanggar disiplin Pondok) akan mendapatkan pembinaan melalui metode hukuman dan pembiasaan dari pengasuh serta ustad dan ustadzah. 2) Peran pengasuh Pondok Pesantren dalam pembinaan akhlak santri sudah sangat berperan, diantaranya ialah : a) Sebagai guru, sebagai seorang guru pengasuh berperan untuk mendidik, membimbing serta memeberi pengajaran terhadap para santrinya. Dalam melakukan pembinaan akhlak terhadap santri pengasuh menggunakan 6 metode diantaranya ialah : metode teladan (uswah), metode pembiasaan (tadwiyah), metode nasihat (mauidzhah), metode pengawasan, metode ganjaran dan hukuman, serta metode hafalan. b) Sebagai orang tua ke dua bagi santri, peran pengasuh menanamkan iman terhadap para santri, memberikan bimbingan ibadah amaliyah, membina akhlak serta membantu menyelesaikan masalah-masalah yang di hadapi oleh para santri. c) Sebagai manager peran pengasuh menentukan kebijakan serta seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan di Pondok Pesantren Al-Madina. Semuanya di tentukan semata-mata agar santri dapat belajar untuk mengatur pola hidup mereka agar lebih disiplin, mandiri, dan teratur. 3) Hambatan dalam pembinaan akhlak santri diantaranya ialah : Karakter santri yang bervariasi serta kurangnya pemahaman orangtua/wali santri terhadap kebijakan-kebijakan Pondok Pesantren.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Pengasuh, Pondok Pesantren, Pembinaan Akhlak. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 25 Jun 2021 00:59 |
Perubahan Terakhir: | 25 Jun 2021 00:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6885 |
Actions (login required)
Lihat Item |