Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Kedisiplinan Anak Usia Dini Di PAUD Mutiara Ummah Kecamatan Curug Kota Serang Banten. (Penelitian di PAUD Mutiara Ummah anak usia 5-6 Tahun

Adawiyah, Robiatul (2021) Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Kedisiplinan Anak Usia Dini Di PAUD Mutiara Ummah Kecamatan Curug Kota Serang Banten. (Penelitian di PAUD Mutiara Ummah anak usia 5-6 Tahun. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (81kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (445kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (279kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (458kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (312kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (300kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (163kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Robiatul Adawiyah. 152600035. 2020. Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Kedisiplinan Anak Usia Dini Di PAUD Mutiara Ummah Kecamatan Curug Kota Serang Banten. (Penelitian di PAUD Mutiara Ummah anak usia 5-6 Tahun). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kedisiplinan siswa di PAUD Mutiara Ummah serta peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai kedisiplinan anak usia dini dengan objek penelitian berjumlah 8 siswa, laki-laki 5 orang dan perempuan 3 orang pada usia 5-6 tahun. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru kelas B, menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data berupa beberapa tahapan yaitu redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada proses mengembangkan nilai-nilai kedisiplinan menunjukkan bahwa terjadi perkembangan terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun yang sudah dilakukan oleh guru sekaligus guru berperan aktif dalam mengembangkan kedisiplinan anak. Dari hasil deskriptif kualitatif diperoleh deskripsi peran guru dalam mengembangkan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan 3 langkah dan 3 jenis kedisiplinan. 3 langkah tersebut yaitu: 1. Peraturan 2. Pembiasaan 3. Dan hukuman. 3 jenis kedisiplinan tersebut yaitu: 1. Disiplin yang dibangun berdasarkan konsep ototarian 2. Disiplin yang dibangun berdasarkan konsep permissive 3. Disiplin yang dibangun berdasarkan konsep kebebasan yang bertanggungjawab. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran guru dan metode atau langkah langkah inilah yang mampu meningkatkan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): peran guru, kedisiplinan, anak usia dini.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 30 Apr 2021 03:29
Perubahan Terakhir: 30 Apr 2021 03:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.