Adawiyah, Robiatul (2021) Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Kedisiplinan Anak Usia Dini Di PAUD Mutiara Ummah Kecamatan Curug Kota Serang Banten. (Penelitian di PAUD Mutiara Ummah anak usia 5-6 Tahun. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (81kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (445kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (279kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (458kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (312kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (300kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (163kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Robiatul Adawiyah. 152600035. 2020. Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai-nilai Kedisiplinan Anak Usia Dini Di PAUD Mutiara Ummah Kecamatan Curug Kota Serang Banten. (Penelitian di PAUD Mutiara Ummah anak usia 5-6 Tahun). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kedisiplinan siswa di PAUD Mutiara Ummah serta peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai kedisiplinan anak usia dini dengan objek penelitian berjumlah 8 siswa, laki-laki 5 orang dan perempuan 3 orang pada usia 5-6 tahun. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru kelas B, menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data berupa beberapa tahapan yaitu redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada proses mengembangkan nilai-nilai kedisiplinan menunjukkan bahwa terjadi perkembangan terhadap kedisiplinan anak usia 5-6 tahun yang sudah dilakukan oleh guru sekaligus guru berperan aktif dalam mengembangkan kedisiplinan anak. Dari hasil deskriptif kualitatif diperoleh deskripsi peran guru dalam mengembangkan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan 3 langkah dan 3 jenis kedisiplinan. 3 langkah tersebut yaitu: 1. Peraturan 2. Pembiasaan 3. Dan hukuman. 3 jenis kedisiplinan tersebut yaitu: 1. Disiplin yang dibangun berdasarkan konsep ototarian 2. Disiplin yang dibangun berdasarkan konsep permissive 3. Disiplin yang dibangun berdasarkan konsep kebebasan yang bertanggungjawab. Jadi dapat disimpulkan bahwa peran guru dan metode atau langkah langkah inilah yang mampu meningkatkan kedisiplinan anak usia 5-6 tahun.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | peran guru, kedisiplinan, anak usia dini. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 30 Apr 2021 03:29 |
Perubahan Terakhir: | 30 Apr 2021 03:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6659 |
Actions (login required)
Lihat Item |