Penerapan Teknik Token Economy untuk Meningkatkan Motivasi Beribadah Shalat Sejak Dini bagi Anak (Studi Kasus Pengajian Al-Hasanah Komplek Graha Catania, Desa Ciakar, Kec. Panongan, Kab. Tangerang, Banten)

Kamilah, Lulu Ulfah (2021) Penerapan Teknik Token Economy untuk Meningkatkan Motivasi Beribadah Shalat Sejak Dini bagi Anak (Studi Kasus Pengajian Al-Hasanah Komplek Graha Catania, Desa Ciakar, Kec. Panongan, Kab. Tangerang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1.COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (22kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2.LAMPIRAN DEPAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (369kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (435kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (204kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pengajian Al-Hasanah merupakan pengajian lepas yang terletak di komplek Graha Catania. Di pengajian ini terbagi menjadi dua waktu yaitu setelah asar dan setelah maghrib dengan sebanyak enam belas anak, berdasarkan hasil observasi didapat lima responden yang kurangnya motivasi beribadah shalat sejak dini. Sesungguhnya Allah berfirman untuk memerintahkan anggota keluarga dengan shalat, karena shalat merupakan tiang agama. Maka tidak heran jika ada sebagian orang tua mendidik anaknya untuk mengaji. Berdasarkan dari latar belakang, maka penulis menerapkan teknik token economy. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Apa yang menyebabkan kurangnya motivasi anak-anak untuk melakukan ibadah shalat sejak dini? 2) Bagaimana penerapan teknik token economy untuk meningkatkan motivasi beribadah shalat sejak dini bagi anak? 3) Bagaimana hasil penerapan teknik token economy untuk meningkatkan motivasi beribadah shalat sejak dini bagi anak? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui faktor penyebab kurangnya motivasi beribadah shalat sejak dini bagi anak 2) Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan teknik token economy dalam meningkatkan motivasi beribadah shalat sejak dini bagi anak 3) Untuk mengetahui hasil teknik token economy. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, penyebab anak tidak rajin dalam melakukan ibadah shalat sejak dini disebabkan kurangnya motivasi baik internal kurangnya dorongan atau kemauan dalam diri untuk beribadah sejak dini eksternal kurangnya dorongan dari lingkungan dan orang tua Kedua, menggunakan teknik token economy yang berupa stiker kartun efektif meningkatkan motivasi beribadah shalat Ketiga, pendekatan teknik token economy dengan pemberian sebuah hadiah dapat menimbulkan semangat dan kebiasaan anak untuk terus belajar melaksanakan ibadah shalat lima waktu setiap hari atas dukungan orang tua dan kemauan dalam diri anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Apr 2021 03:21
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 03:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6566

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.