Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Yayasan Bany Nawawi Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon

Fitriyani, Ayu (2021) Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Yayasan Bany Nawawi Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
lampiran depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (422kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (187kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (454kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (420kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (480kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Ayu Fitriyani. NIM: 161250027. Judul Skripsi : Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Yayasan Bany Nawawi Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Guru sangat menentukan keberhasilan pendidikan suatu negara. Berbagai kajian dan hasil penelitian yang menggambarkan tentang peran strategis dan menentukan guru dalam mengantarkan keberhasilan p endidikan suatu negara dapat dijabarkan: “bahwa keberhasilan pembaruan sekolah sangat ditentukan oleh gurunya, karena guru adalah pemimpin pembelajaran, fasilitator, dan sekaligus merupakan pusat inisiatif pembelajaran”. Karena itu guru harus senantiasa mengembangkan diri secara mandiri tidak tergantung kepada inisiatif kepala sekolah dan supervisor saja. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah sebagai berikut: (1) Seberapa besar tingkat profesionalisme guru di Yayasan Bany Nawawi? (2) Seberapa besar tingkat prestasi belajar siswa di Yayasan Bany Nawawi? (3) Apakah terdapat hubungan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di Yayasan Bany Nawawy? Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka dibuat tujuan dari rumusan masalah yakni: (1) Untuk mendeskripsikan tingkat profesionalisme guru di Yayasan Bany Nawawy. (2) Untuk mendeskripsikan tingkat prestasi benlajar siswa di Yayasan Bany Nawawi. (3) Untuk menganalisis hubungan profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi 235 siswa. Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan, maka peneliti melakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, sedangkan Teknik pengumpulan datanya meliputi: kuesioner dan observasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, tingkat profesionalisme guru berdasarkan perhitungan rata-rata dibandingkan dengan skor maksimum ideal dalam penelitian ini mencapai 75,29% termasuk dalam kategori baik. Kedua, tingkat ketercapaian prestasi belajar siswa berdasarkan perhitungan rata-rata dibandingkan dengan hasil maksimum ideal dalam penelitian ini mencapai 82,11% termasuk dalam kategori sangat baik. Ketiga, Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di Yayasan Bany Nawawi Kecamatan Ciwandan Kota Cilegon. Koefisien determinasi r2 sebesar 0,689 memberikan informasi, bahwa secara sederhana 47,48% variasi yang terjadi pada prestasi belajar siswa ditentukan oleh profesionalisme guru. 52,52% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Hal ini menyatakan bahwa profesionalisme guru akan mengalami peningkatan dengan asumsi seluruh variabel independent tidak mengalami perubahan (konstan). Koefisien regresi menunjukkan tingkat sensitifitas profesionalisme guru dimana pengaruhnya positif. Koefisien regresi profesionalisme guru akan meningkatkan pestasi belajar siswa, menunjukkan tingkat sensitifitas profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa pengaruhnya positif

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Profesionalisme Guru, Prestasi Belajar Siswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 22 Feb 2021 06:17
Perubahan Terakhir: 25 Feb 2021 06:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/6117

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.