Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Perkalian

Ahdiyah, Rizkia Hijrotul (2020) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Perkalian. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
lampiran depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (303kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (233kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (354kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (231kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (446kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Rizkia Hijrotul Ahdiyah NIM:161240065, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian di Kelas II SDN Ciomas 2 dalam meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman dan rendahnya hasil belajar siswa di kelas II yang masih belum mencapai KKM pada mata pelajaran matematika khususnya materi operasi hitung perkalian. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan Research and Development (Four D Models) menurut Thiagarajan. Berdasarkan hasil penelitiann, bahwa media pembelajran dinyatakan layak. Hasil validasi asing-masing yang terdiri dari tiga aspek yaitu aspek Format LKS, Isi dan Bahasa. Pada aspek format lks mendapatkan rata-rata skor 4,0. Pada aspek isi mendapatkan rata-rata skor 4,1. pada aspek bahasa juga mendapatkan rata-rata skor 4,2. Sedangkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan aspek dari ketiga validator memperoleh nilai rata-rata skor 4,1 dengan kategori baik dan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian yang dilihat dari indikator keberhasilan mulai sebelum penmgembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) sebesar 33% menjadi 90,47% pada setelah pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) inilah yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika operasi hitung perkalian di kelas II.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Lembar kerja siswa, RME, Matematika, Operasi hitung perkalian
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 01 Des 2020 04:19
Perubahan Terakhir: 01 Des 2020 04:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5933

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.