Hayati, Hayati (2020) Pengenalan Huruf Hijaiyah melalui Metode Tilawati pada Anak Usia 5 -6 Tahun di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Teks
COVER.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (21kB) |
||
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (437kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (296kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (725kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (299kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (483kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (165kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (236kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Hayati. 161260022. 2020. Pengenalan Huruf Hijaiyah melalui Metode Tilawati pada Anak Usia 5 -6 Tahun di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Serang. Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan penulis kepada Metode Tilawati dalam penerapan pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah (mengaji dasar) pada anak. Meskipun seiring perkembangan zaman, banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk memberikan kemudahan kepada pendidik dalam pembelajaran mengenal huruf hijaiyah pada pemula dari berbagai usia khususnya anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Tilawati Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Serang dan Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Tilawati Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah pengelola lembaga, guru, anak dan wali murid Rumah Qur’an Al-Qadr Kota Serang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan pengenalan huruf hijaiyah di Rumah Qur’an Al-Qadr sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang terdapat di buku panduan pembelajaran metode Tilawati atau lebih dikenal dengan buku Strategi pembelajaran metode tilawati dengan pembiasaan pendekatan klasikal dan individual baca-simak secara seimbang. Teknik yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran terdapat 4 teknik yaitu guru membaca-anak mendengarkan; guru membaca-anak menirukan; guru dan anak sama-sama membaca; dan individual baca-simak. Program pembelajarannya terdiri dari Tahsin (mengenal huruf hijaiyah) dan Tahfidz (menghafal al-quran). Meskipun pada pratiknya terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran yang dirasakan secara langsung oleh lembaga Rumah Qur’an, guru maupun orang tua (wali murid).
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | pengenalan, huruf hijaiyah, metode tilawati, anak usia dini. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 19 Nov 2020 07:48 |
Perubahan Terakhir: | 19 Nov 2020 07:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5895 |
Actions (login required)
Lihat Item |