Salman, Salman (2020) PERAN ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI YAYASAN AL-BADAR BALARAJA TANGERANG. Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (30kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (529kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (524kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (555kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (227kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (413kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (208kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Hubungan Organisasi dan Kepemimpinan bagaikan paket lengkap dalam sebuah sistem yang saling berkaitan, dimana ada organisasi disitu dipastikan ada sebuah kepemimpinan, dimana ada kepemimpinan tentunya ada didalam sebuah organisasi, terlebih dalam sebuah Pendidikan tidak akan lepas dari Organisasi dan Kepemimpinan, Lembaga pendidikan yang bermutu dapat ditentukan dari peran organisasi dan kepemimpinan pendidikan dalam mewujudkan peningkatan mutu pendidikan secara terus menerus. Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, maka penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui Peran Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar Balaraja Tangerang; 2) Mengetahui Upaya Peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan Kepala Sekolah dan Ketua Yayasan dalam peningkatan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar Balaraja Tangerang; 3) Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar; 4) Mengetahui Hasil yang dicapai dalam kepemimpinan dan organisasi pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi, catatan lapangan, membercheck. Analisis data dilakukan dengan pemeriksanaan keabsahan data dan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis induktif yang selanjutnya menarik suatu kesimpulan, implikasi dan saran dari hasil keseluruhan penelitian Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Peran oragnisasi SMK Al-Badar dalam peningkatan mutu pendidikan di Yayasan Al-Badar sangatlah penting hal ini dapat dilihat peranannya dalam tiga hal yaitu terbentuknya sistem pendidikan yang kuat, terciptanya solusi dari setiap permasalahan dalam pengelolaan pendidikan karena sistem pendidikan yang sudah berjalan dan terbetuknya kaderisasi kepemimpinan dalam sebuah roda organisasi. Peran secara Kepemimpinan Kepala SMK Al-Badar Balaraja signifikan memiliki kompetensi yang melekat dalam dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial dengan demikian hal ini yang dapat memaksimalkan peningkatan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar Balaraja. 2) Upaya peningkatan mutu pendidikan yang dilakukan oleh kepala SMK Al-Badar sudah berjalan dengan sistem pendidikan yang kuat beserta seluruh komponen perangkat SDM nya dengan baik meliputi peningkatan mutu bidang akademik dan non-akademik mulai dari tahap perencanan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian, Ketua yayasan memiliki peran dalam kontek support dan controlling segala program peningkatan mutu pendidikan SMK di Yayasan Al-Badar semua didasarkan atas asas musyawarah, garis sentralistik dan desentralistik semua sudah ada ranah-ranahnya sesuai AD/ART Yayasan Al-Badar Balaraja. 3) Faktor pendukung Dimilikinya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdedikasi, semangat jihad, adanya sinergitas dan loyalitas, dukungan masyarakat, SMK dengan berbasis pondok pesantren, mitra kerjasama dengan dunia usaha dan industry, serta support system dari yayasan penyelenggara. Faktor penghambat kekurangan gedung kelas dan rata-rata orang tua siswa berasal dari keluarga menengah kebawah. 4) hasil yang dicapai terwujudnya pendidikan bermutu baik secara kademik dan non-akademik dengan output lulusan yang berkualitas, terbentuk sistem manajemen pendidikan yang baik serta peningkatan kepercayaan masyarakat luas. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, terdapat implikasi positif yang menjadi kontribusi terhadap dunia pendidikan terutama kepada Organisasi Yayasan penyelenggara pendidikan dan pemilik Yayasan serta kepala sekolah agar memiliki pertimbangan matang terencana terprogram dan termenej dengan maksimal dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan pendidikan terutama memaksimalkan peran organisasi dan kepemimpinan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Organisasi, Kepemimpinan, Mutu Pendidikan. |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 17 Nov 2020 05:51 |
Perubahan Terakhir: | 17 Nov 2020 05:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5851 |
Actions (login required)
Lihat Item |