Setiawan, Revi (2020) Pengaruh Sekolah Sebagai Organisasi Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa (Studi di MI Mathla’ul Anwar Dahu Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
Cover Skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (119kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Eksemplar.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (595kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (402kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (778kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (574kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (381kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (193kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (95kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Revi Setiawan. 152500101. 2019. Pengaruh Sekolah Sebagai Organisasi Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa (Studi di MI Mathla’ul Anwar Dahu Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sekolah sebagai organisasi pendidikan, (2) mendeskripsikan pembentukan karakter siswa, dan (3) menganalisis apakah terdapat pengaruh sekolah sebagai organisasi pendidikan terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian ini dilakukan di MI Mathla’ul Anwar Dahu yang bertempat di Kp.Dahu Ds. Mekar Sari Kec. Bojong – Pandeglang Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 30 responden diambil dari populasi dengan teknik Simple Random Sampling. Angket sekolah sebagai organisasi pendidikan adalah dimensi kerjasama, keteladanan, kedisiplinan, keaktifan, komunikasi. Sedangkan angket pembentukan karakter siswa adalah dimensi kejujuran, kesabaran, ketelitian, kesopanan, kecerdasan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan polygon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian, Pertama, menunjukan sekolah sebagai organisasi pendidikan lebih dominan pada penilaian kategori baik mencapai 76,2%. Kedua, pembentukan karakter siswa lebih dominan pada penilaian kategori baik mencapai 74,48%. Hasil pengujian linieritas diperoleh Fhitung sebesar 1,206 sedangkan dari daftar distribusi F dengan taraf signifikansi α = 0,05, derajat kebebasan db1 = 24 dan db2 = 4 diperoleh Ftabel sebesar 5,77. Jika dibandingkan keduanya ternyata Fhitung < Ftabel atau 1,026 < 5,77. Hal ini dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi Yˆ 38,47 0,64X . adalah linear. Dari hasil analisa korelasi sederhana diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,605 dan koefisien determinasi r2 = 0,3656 Dari uji signifikansi korelasi diperoleh thitung = 4,017. Koefisien korelasi sederhana ini ternyata signifikan setelah diuji dengan uji t. Hal ini ditunjukkan oleh thitung > ttabel atau 4,017 > 1,70 pada α =0,05 dan derajat kebebasan 28.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci : Sekolah sebagai organisasi pendidikan, pembentukan karakter siswa |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 21 Okt 2020 07:54 |
Perubahan Terakhir: | 21 Okt 2020 07:54 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5702 |
Actions (login required)
Lihat Item |