Pengaruh Sekolah Sebagai Organisasi Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa (Studi di MI Mathla’ul Anwar Dahu Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang)

Setiawan, Revi (2020) Pengaruh Sekolah Sebagai Organisasi Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa (Studi di MI Mathla’ul Anwar Dahu Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
Cover Skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (119kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Eksemplar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (595kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (402kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (778kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (574kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (381kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Revi Setiawan. 152500101. 2019. Pengaruh Sekolah Sebagai Organisasi Pendidikan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa (Studi di MI Mathla’ul Anwar Dahu Kecamatan Bojong Kabupaten Pandeglang). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan sekolah sebagai organisasi pendidikan, (2) mendeskripsikan pembentukan karakter siswa, dan (3) menganalisis apakah terdapat pengaruh sekolah sebagai organisasi pendidikan terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian ini dilakukan di MI Mathla’ul Anwar Dahu yang bertempat di Kp.Dahu Ds. Mekar Sari Kec. Bojong – Pandeglang Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 30 responden diambil dari populasi dengan teknik Simple Random Sampling. Angket sekolah sebagai organisasi pendidikan adalah dimensi kerjasama, keteladanan, kedisiplinan, keaktifan, komunikasi. Sedangkan angket pembentukan karakter siswa adalah dimensi kejujuran, kesabaran, ketelitian, kesopanan, kecerdasan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram dan polygon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi. Hasil penelitian, Pertama, menunjukan sekolah sebagai organisasi pendidikan lebih dominan pada penilaian kategori baik mencapai 76,2%. Kedua, pembentukan karakter siswa lebih dominan pada penilaian kategori baik mencapai 74,48%. Hasil pengujian linieritas diperoleh Fhitung sebesar 1,206 sedangkan dari daftar distribusi F dengan taraf signifikansi α = 0,05, derajat kebebasan db1 = 24 dan db2 = 4 diperoleh Ftabel sebesar 5,77. Jika dibandingkan keduanya ternyata Fhitung < Ftabel atau 1,026 < 5,77. Hal ini dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi Yˆ  38,47  0,64X . adalah linear. Dari hasil analisa korelasi sederhana diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,605 dan koefisien determinasi r2 = 0,3656 Dari uji signifikansi korelasi diperoleh thitung = 4,017. Koefisien korelasi sederhana ini ternyata signifikan setelah diuji dengan uji t. Hal ini ditunjukkan oleh thitung > ttabel atau 4,017 > 1,70 pada α =0,05 dan derajat kebebasan 28.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci : Sekolah sebagai organisasi pendidikan, pembentukan karakter siswa
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 21 Okt 2020 07:54
Perubahan Terakhir: 21 Okt 2020 07:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5702

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.