Gunawan, Gunawan (2020) Etika Menuntut Ilmu (Studi Komparasi Pemikiran Al Ghazali dan Al Zarnuji). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1.COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (100kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2.PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (415kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (455kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (605kB) |
||
Teks
BAB III.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (222kB) |
||
Teks
BAB IV.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (552kB) |
||
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
3.DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (229kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Gunawan, NIM : 132101680, JudulSkripsi: Etika Menuntut Ilmu (Studi Komparasi Pemikiran Al Ghazali dan Al Zarnuji) Al-Ghazali dan Zarnuji adalah dua tokoh yang mempunyai reputasi internasional, juga memiliki wawasan yang luas tentang ajaran islam. Sekalipun keduanya hidup di dua Negara yang berbeda kultur dan budaya namun mereka mempunya visi dan misi yang sama dalam memberantas kebodohan dan mengangkat harkat martabat manusia yaitu melalui jalur pendidikan. Dalam proses pendidikan nantinya setiap para penuntut ilmu akan mengalami proses terhadap mencari dan menuntut ilmu, sehingga dalam proses tersebut mempunyai etika-etika dan adab dalam menuntut ilmu. Rumusan masalah: Bagaimana etika menuntut ilmu perspektif Al-Ghazali? Bagaimana etika menuntut ilmu perspektif Zarnuji? Apa yang menjadi persamaan dan perbedaan etika menuntut ilmu perspektif Al- Ghazali dan Zarnuji?. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui etika menuntut ilmu perspektif Al-Ghazali, untuk mengetahui etika menuntut ilmu perspektif Zarnuji, untuk mengetahui Apa yang menjadi persamaan dan perbedaan etika menuntut ilmu perspektif Al Ghazali dan Zarnuji. Metode yang digunakanadalahmetodepenelitiankualitatif yang bersifatdeskriptif dengan pendekatan historis, tekstual dan komparatif. Sedangkan untuk teknik analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif melalui pendekatan kualitatif berupa uraian-uraian. Etika menuntut ilmu dalam perspektif Alghazali terdapat sepuluh pokok, sedangkan etika menuntut ilmu dalam perspektif Al Zarnuji erdapat lima pokok. Persamaan etika menuntut ilmu dalam pandangan Al Ghazali dan Al Zarnuji adalah, meluruskan niat disertai dengan pembersihan hati dan jiwa,penuntut ilmu hendaknya tidak banyak melibatkan diri dalam urusan duniawi, ia harus bersungguh-sungguh dan bekerja keras dalam menuntut ilmu, ta’dzim dan hormat terhadap ilmu, guru, dan ahli ilmu. Perbedaan etika menuntut ilmu perspektif Al Ghazali dan Al Zarnuji adalah ditinjau dari aspek sifat penuntut ilmu, aspek guru atau pengajar, serta kualifikasi dari ilmu yang ditempuh atau dituntut. Etika menuntut ilmu dalam pandangan Al ghazali lebih kepada proses para penuntut ilmu serta tujuan akhir dari menuntut ilmu, proses mencari ilmu di dunia sedangkan tujuan akhir menuntut ilmu untuk akhirat. Sedangkan al zarnujii berpandangan etika menuntut ilmu dala m prosesnya para penuntut ilmu.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: Etika dan Ilmu |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Okt 2020 03:51 |
Perubahan Terakhir: | 20 Okt 2020 03:51 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5675 |
Actions (login required)
Lihat Item |