Dewi, Anjarwati (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Pembelajaran Materi Tematik Kelas 1 Tema Kelurgaku Subtema Anggota Keluargaku (R&D Di Kelas 1 SD Negeri Pabuaran 4). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Anjarwati Dewi. 152400863. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Pembelajaran Materi Tematik Kelas 1 Tema Kelurgaku Subtema Anggota Keluargaku (R&D Di Kelas 1 SD Negeri Pabuaran 4 Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran big book pada “tema keluargaku subtema anggota keluargaku” yang layak digunakan untuk pembelajaran materi tematik di kelas 1 SD Negeri Pabuaran 4. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur atau langkah-langkah penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan perangkat modifikasi model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda. Subjek penelitian ini sejumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner dan observasi. Instrument pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan kisi-kisi instrument angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskripsi kuantitatif dengan perhitungan rata-rata skor. Pengembangan media pembelajaran Big Book “tema keluargaku subtema anggota keluargaku” dihasilkan melalui pengembangan ADDIE. Hasil validasi materi tahap II menunjukan layak (4,1) dan validasi ahli media tahap III menunjukan sangat layak (4,7). Hasil validasi ahli materi tahap II menunjukan layak (4,1) dan validasi ahli materi tahap III menunjukan sangat layak (4,9). Hasil respon siswa pada uji coba one to one menunjukan kategori sangat layak (4,73), hasil respon siswa pada uji coba kelompok kecil menunjukan kategori sangat layak (4,72), dan hasil uji coba lapangan menunjukan kategori sangat layak (4,68). Hal ini menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran Big Book yang dikembangkan melalui pengembangan model ADDIE menunjukan katagori sangat layak untuk digunakan dilapangan sebagai media pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: pembelajaran tematik, media pembelajaran, big book. |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 01 Okt 2020 07:18 |
Perubahan Terakhir: | 01 Okt 2020 07:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5602 |
Actions (login required)
Lihat Item |