Rohayati, Rohayati (2020) Hubungan Pembelajara Majlis Ta’lim Dan Liqo Dengan Pemahaman Materi PAI(Studi di Majlis Ta’lim Darunnisa Pulo Panjang Kab. Serang dengan Liqo Annisa Kota Serang). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
0 DAFTAR ISI DKK Rohayati.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
1 BAB I Rohayati.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
2 BAB II Rohayati.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (421kB) |
||
Teks
3 BAB III Rohayati.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (210kB) |
||
Teks
4 BAB IV Rohayati.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (621kB) |
||
|
Teks
5 BAB V Rohayati.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
6 DAFTAR PUSTAKA Rohayati.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan merupakan tugas dan tanggung jawab bersama yang dilaksanakan secara sadar baik dari pihak pendidik maupun pihak terdidik. Kesadaran dalam melaksanakan pendidikan adalah dimaksudkan untuk mencapai kedewasaan dan kematangan berfikir yang dapat diusahakan melalui beberapa proses pendidikan, yaitu proses pendidikan formal, informal, dan nonformal. Ada beberapa gejala menarik dalam perkembangan kehidupan keagamaan di masyarakat belakangan ini. pengamatan secara umum memperlihatkan, bahwa, setidak-tidaknya dua dasawarsa terakhir kehidupan masyarakat terlihat begitu semarak. Dan bila dilihat fenomena tersebut merupakan sebuah konsekuensi dari perubahan-peruhan yang terjadi dalam kehidupan sosial, budaya, politik ekonomi dalam masyarakat. Salah satu bentuk perkembangan kehidupan keagamaan khususnya dalam pembinaan umat adalah lembaga majlis ta’lim.Selain majlis ta’lim sebagai salah satu bentuk pendidikan Islam yang bersifat Nonformal ada juga pendidikan Islam yang disebut liqo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat hubungan antara pembelajaran majlis ta’lim Darunnisa pulo panjang kab. Serang dengan peningkatan pemahaman materi PAI ?. (2) Apakah terdapat hubungan pembelajaran liqo Annisa kota Serang dengan pemhaman materi PAI? (3).Apakah terdapat hubungan antara pembelajaran majlis ta’lim Darunnisa pulo panjang Kab. Serang dengan Liqo Annisa Serang dengan pemahaman materi PAI. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah: (1) untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran majlis ta’lim darunnisa pulo panjang Kab. Serang dengan pemahaman materi PAI. (2). Untuk mengetahui hubungan pembelajaran liqo Annisa Kota Serang dengan pemhaman materi PAI? (3)Untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran majlis ta’lim Darunnisa pulo panjang Kab. Serang dengan Liqo Annisa Kota Serang dengan pemahaman materi PAI ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitiatif dengan instrumen penelitian: angket. Penelitian ini dilaksanakan di Majlis ta’lim Darunnisa Pulo Panjang Kab. Serang dan Liqo Annisa Kota Serang, dengan jumlah populasi masing-masing sebesar 35 orang sekaligus menjadi sampel, jumlah pengumpulan data dengan sensus karna populasi kurang dari 100 orang. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran majlis ta’lim dengan pemahaman materi PAI. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.fchange = 0,000 terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0.653 yang menunjukan perbedan yang sedang. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran liqo terhadap dengan pemahaman materi PAI. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.fchange = 0,000 terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien korelasi (R) sebesar korelasi sebesar 0,569 yang menunjukan perbedaan yang sangat kuat. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran majlis ta’lim dan liqo secara bersamasama dengan pemahaman materi PAI. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.fchange = 0,000 terbukti lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,653 yang menunjukan pengaruh yang sangat kuat. Dan secara bersama-sama variabel pembelajaran majlis ta’lim dan liqo dalam memberikan kontribusi sebesar 0,426 terhadap variabel pemahaman materi PAI.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: pembelajaran majlis ta’lim, pembelajaran Liqo dan materi PAI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 30 Sep 2020 03:50 |
Perubahan Terakhir: | 30 Sep 2020 03:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5592 |
Actions (login required)
Lihat Item |