Aslamiyah, Nuryunita (2020) Pengembangan Instrumen Evaluasi Bentuk Tes Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 1 Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (19kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2bagian depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (629kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I JADI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (41kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
BAB II jadi.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (91kB) |
||
Teks
BAB III jadi.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (88kB) |
||
Teks
BAB IV jadi.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (356kB) |
||
|
Teks
BAB V JADI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (17kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA JADI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (24kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nuryunita Aslamiyah. 161210052. 2020. Pengembangan Instrumen Evaluasi Bentuk Tes Uraian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri 1 Pandeglang Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan instrumen evaluasi bentuk tes uraian berbasis Higher Order Thinking Skills pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen evaluasi menggunakan pedoman observasi dan angket. Validitas produk dilakukan oleh 3 ahli yaitu ahli evaluasi, ahli materi dan ahli bahasa.Uji coba dilakukan oleh 22 siswa kelas VIII E MTs N 1 Pandeglang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian mendapati pengembangan instrumen evaluasi tahap define meliputi: analisis, tujuan kompetensi dasar, dan materi; Tahap design meliputi: penyusuanan kisi-kisi , pembuatan butir soal, dan kartu soal; Tahap develop meliputi validasi ahli evaluasi, materi dan bahasa; Tahap revisi meliputi produk mengacu kepada hasil validasi ahli; Tahap disseminate yaitu melakukan ujicoba terhadap siswa. Berdasarkan Hasil uji produk diketahui rerata kelayakan ahli evaluasi, ahli materi dan ahli bahasa 3.68 persentase mencapai 92% termasuk ke dalam kategori sangat layak. Berdasarkan penilaian siswa diperoleh skor persentase rata-rata skor 3,5, persentase 87.6% klasifikasi sangat layak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau bahan pertimbangan sebagai bentuk instrumen evaluasi yang mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: evaluasi; pengembangan instrument; higher order thinking skill |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 13 Aug 2020 07:18 |
Perubahan Terakhir: | 13 Aug 2020 07:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5441 |
Actions (login required)
Lihat Item |