Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMP Negeri 1 Pontang

Sari, Aidah (2020) Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMP Negeri 1 Pontang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (596kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (507kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (289kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (214kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Aidah Sari, 161250036. 2020. Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMP Negeri 1 Pontang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan pemasaran pendidikan 2) Pelaksanaan pemasaran pendidikan 3) Pengendalian pemasaran pendidikan 4) Faktor pendukung dan penghambat implementasi manajemen pemasaran pendidikan 5) Solusi mengatasi hambatan implementasi manajemen pemasaran pendidikan (6) Citra sekolah sebelum implementasi manajemen pemasaran pendidikan (7) Peningkatan citra sekolah setelah implementasi manajemen pemasaran pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Studi kasus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Perencanaan pemasaran pendidikan di SMP Negeri 1 Pontang sudah dilakukan dengan baik, melalui pembentukan struktur organisasi, menentukan rencana waktu, rencana daerah pemasaran dan merencanakan program pemasaran pendidikan. Pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik melalui promosi, publikasi, dan penawaran berbagai program sekolah. Pengawasan, dilakukan oleh Kepala Sekolah baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Faktor pendukung: internal, yaitu prestasi sekolah, sarana dan prasarana, pembebasan biaya sekolah, output siswa, dan letak sekolah yang strategis. eksternal, yaitu adanya dukungan dari wali siswa dan hubungan kerja sama antar sekolah dan masyarakat. Faktor penghambat: internal yaitu masih ada beberapa penyelenggara pendidikan di SMP Negeri 1 Pontang yang kurang memahami pemasaran pendidikan, eksternal yaitu adanya persaingan dengan sekolah lain yang sama-sama menawarkan jasa pendidikan. Solusi dalam mengatasi hambatan pemasaran pendidikan antara lain dengan meningkatkan kualitas pelayanan mutu, perbaikan fasilitas, memberikan arahan kepada guru agar memahami pemasaran pendidikan dan tetap menjalin hubungan kerjasama yang dapat mendukung terhadap ketercapaian tujuan sekolah. Citra sekolah sebelum implementasi manajemen pemasaran di SMP Negeri 1 Pontang telah mendapatkan citra positif akan tetapi masih ada persepsi masyarakat terhadap citra SMP Negeri 1 Pontang yang masih kurang baik. Citra sekolah setelah implementasi manajemen pemasaran pendidikan yaitu kepercayaan masyarakat semakin kuat, sekolah lebih dikenal lagi oleh masyarkat umum, adanya dukungan dari masyarakat dan orang tua siswa serta terjalinnya kerja sama antara orang tua siswa dengan sekolah

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Keyword: Manajemen, Pemasaran pendidikan, Bauran pemasaran, Citra Sekolah.
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 106 Organisasi & manajemen
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 10 Aug 2020 08:01
Perubahan Terakhir: 10 Aug 2020 08:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.