Ahmadi, Husenudin (2020) Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih (Studi Komparatif Pemikiran Pendidikan dalam Kitab Ihya’Ulumuddin dan Kitab Tahdzib Al-Akhlak wa-Tathir Al-A’raq). Magister thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1 COVER TRUE.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
6 NEW ABSTRAK B.INDO TRUE.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (121kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
14 NEW BAB 1 TRUE.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (482kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
15 NEW BAB II TRUE.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
||
Teks
16 NEW BAB III TRUE.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (260kB) |
||
Teks
17 NEW BAB IV TRUE.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (909kB) |
||
|
Teks
18 NEW BAB V TRUE.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (187kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
19 NEW BIBLIOGRAFI TRUE.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (248kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Husenudin Ahmadi, NIM: 182101143, Judul Tesis “Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih (Studi Komparatif Pemikiran Pendidikan dalam Kitab Ihya’Ulumuddin dan Kitab Tahdzib Al-Akhlak wa-Tathir Al-A’raq)”. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) “Bagaimanakah pemikiran pendidikan akhlak menurut Al-Ghazaly, (2) Bagaimanakah pemikiran pendidikan akhlak menurut Ibnu Maskawaih (3) Bagaimanakah perbandingan pemikiran Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih tentang pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pemikiran pendidikan akhlak menurut Al-Ghazaly (2) untuk mengetahui pemikiran pendidikan akhlak menurut Ibnu Maskawaih (3) Untuk mengetahui perbandingan pemikiran Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih tentang pendidikan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan analisis konten, yakni menganalisa kitab Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih. Adapun data primernya adalah kitab Iḥyā ‘Ulūmuddin karya al-Ghazali dan Kitab Tahdibul Akhlaq wa Tathirul A’rāq karya Ibnu Maskawaih. Data sekundernya adalah jurnal dan buku-buku yang berkaitan dengan tema penelitian ini. Analisis data penelitian ini meliputi tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini diantaranya, keduanya sepakat tentang: (1) makna, hakikat, tujuan dan manfaat pendidikan akhlak, (2) dua klasifikasi akhlak, yaitu akhlak baik dan buruk, (3) metode pendidikan akhlak menurut Al-Ghazaly adalah al-mujahadah dan arriyadlah, sedangkan menurut Ibnu Maskawaih adalah takrir al-mawai‟dz, atta‟dib, al-„ilaj dan arriyadlah, (4) ruang lingkup materi pendidikan akhlak adalah akhlak baik dan buruk, (5) akhlak utama ada empat, yaitu Al-hikmah, al-„iffah, asy-syaja‟ah dan al-„adlu atau al-„adalah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Studi Komparatif, Pemikiran Pendidikan Al-Ghazaly dan Ibnu Maskawaih. |
Subjek: | 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Aug 2020 08:24 |
Perubahan Terakhir: | 05 Aug 2020 08:24 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5354 |
Actions (login required)
Lihat Item |