Saefurohman, Asep (2018) TIK Dalam Pembelajaran PAI. CV. Media Madani, Serang-Banten. ISBN 978-602-52368-8-4
|
Gambar
cover TIK dalam pembelajaran PAI.jpg Download (165kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
TIK dalam pembelajaran PAI.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
|
Teks
Buku TIK dalam pembelajaran PAI.pdf Restricted to Hanya user terdaftar Download (3MB) | Permohonan Copy File |
Abstrak
Buku TIK Dalam pembelajaran PAI yang bersifat terpadu ini yang berisi pengetahuan dan konsep penerapan Teknologi dan informasi dalam pembelajaran dan berdasarkan pengalaman mengajar penulis selama mengapu mata kuliah TIK dalam pembelajaran PAI di Program pasacasarjana UIN SMH Banten. Buku ini akan membekali mahasiswa pengetahuan dasar dan keterampilan penerapan pembelajaran berbasis IT. Ide dasarnya adalah agar pembelajaran sudah mengintegrasikan e-leraning yang disusun berdasarkan program open source semisal moodle, e-front dll agar pembelajaran menjadi lebih menarik dari segi penyampaian maupun multimetode. Buku ini penulis susun untuk dasar fundamental mahasiswa baik di tingkat sarjana dan pascasarjana untuk lebih mempersiapkan diri dalam perkuliahan sehinga transformasi keilmuan dan pengetahuan teknik pembelajaran dengan beragam metode yang dapat meningkatkan reorientasi peningkatan kualitas sumber daya manusia yang IT. Pembelajaran adalah proses interaksi atau komunikasi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber–sumber belajar lainnya baik yang telah tersedia maupun yang sengaja disediakan oleh pendidik agar terjadi proses belajar pada setiap peserta didik. Untuk dapat mendorong terjadinya proses belajar tersebut, tentunya memerlukan keterampilan yang harus dimiliki bagi setiap pendidik. Diantara keterampilan-keterampilan itu adalah bagaimana pendidik bisa menyediakan media dan sumber belajar yang tepat. Pembelajaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat mencakup hal dan dimensi seperti Pengembangan Kurikulum Pengembangan kurikulum atau materi pelajaran yang berisikan muatan ICT dengan tujuan mewujudkan masyarakat baca ICT (ICT literate) atau melek teknologi (technology literate). Kurikulum dan materi tersebut diperuntukkan bagi siswa, guru/calon guru, dan tenaga kependidikan lainnya. Perlu dikembangkan standar kompetensi yang diharapkan dikuasai baik oleh guru maupun siswa di bidang ICT. Selain itu, perlu juga pengintegrasian ICT ke dalam kurikulum dan proses pendidikan atau proses pembelajaran, termasuk pembelajaran PAI. Bab 1 dan 2, menjelaskan tentang media dilihat dari sumber dan pengembangannya, selanjutnya di Bab 3 menjelaskan tentang konsep belajar dengan e-learning disertai dengan kelebihan dan kekurangan tentang konsep belajar menggunakan e-learning. Pada saat situasi pandemic Covid 19 sekarang ini, penulis berpendapat bahwa pembelajaran dengan daring berbasis e-learning sangat diperlukan dan semakin banyak platform pilihan program belajar daring dengan e-leraning. Selanjutnya di Bab IV atau terakhir, di buku ini menyajikan tentang ragam sumber dan platform belajar untuk pembelajaran PAI yang dapat diterapkan.
Tipe Item/Data: | Buku |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | TIK, PAI |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 19 Jul 2020 04:47 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jul 2020 04:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5288 |
Actions (login required)
Lihat Item |