Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMPN 1 Pabuaran)

Mastirah, Mastirah (2020) Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMPN 1 Pabuaran). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
halaman depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (452kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (257kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II Edit.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (314kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (206kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (211kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (221kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Mastirah, NIM. 152101944. 2019. Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMPN 1 Pabuaran) Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang belum mampu berperan aktif dalam pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan pada saat proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir, masih banyak siswa yang belum berperan aktif dalam pembelajaran, siswa masih malu-malu untuk mengeluarkan pendapatnya. Untuk itu seorang guru PAI memilih metode Cooperative Script yang bisa membantu peserta didik untuk belajar dengan aktif dan mampu berpikir kreatif dalam pembelajaran. Metode ini dirasa lebih mudah dimengerti, sehingga anak didik lebih cepat menguasai. Selain itu metode ini dirasa lebih efesien dibandingkan metode-metode lain. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.Bagaimana penerapan metode Cooperative Script dalam meningkatkan kemampuan Berpkir Kreatif siswa, dan Apa faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Cooperative Script. Pada mata pelajaran PAI Di SMPN 1 Pabuaran. 2. Apa masalah dalam penerapan metode cooperative script, dan Bagaimana cara mengatasi masalah dalam penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran PAI Di SMPN 1 Pabuaran. 3. Apa hasil penerapan metode Cooperative Script dalam pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mengetahui penerapan metode Cooperative Script dalam meningkatkan kemampuan Berfikir Kreatif siswa, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Cooperative Script. Pada mata pelajaran PAI Di SMPN 1 Pabuaran. 2.Untuk mengetahui masalah dalam penerapan metode Cooperative Script, dan untuk mengetahui cara mengatasi masalah dalam penerapan metode Cooperative Script pada mata pelajaran PAI Di SMPN 1 Pabuaran. 3. Untuk mengetahui hasil penerapan metode Cooperative Script dalam pembelajaran pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data(data display), dan penarikan kesimpulan (conclution). Kesimpulan utama yang diperoleh dari hasil penerapan metode Cooperative Script di SMPN 1 Pabuaran, cukup baik dan efektif. Proses pembelajaran PAI di SMPN 1 Pabuaran begitu kondusif. Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran itu efektif yaitu antusiasme siswa selama proses pembelajaran, keaktifan siswa dalam belajar yang meningkat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci: metode Cooperative Script, Berpikir Kreatif, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 24 Feb 2020 08:56
Perubahan Terakhir: 24 Feb 2020 08:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/5153

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.