Pengembangan Buku Pop Up Pembelajaran Geometri Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD (Reaearch and Development Di Kelas V SDN Neglasari Kecamatan Serang Kota Serang)

Qomariah, Siti (2020) Pengembangan Buku Pop Up Pembelajaran Geometri Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD (Reaearch and Development Di Kelas V SDN Neglasari Kecamatan Serang Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (162kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (218kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (274kB)
[img] Teks
BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (145kB)
[img] Teks
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (132kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (98kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Siti Qomariah, 142400723, “Pengembangan Buku Pop Up Pembelajaran Geometri Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD (Reaearch and Development Di Kelas V SDN Neglasari Kecamatan Serang Kota Serang)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep materi volume kubus dan balok. Hal ini disebabkan karena pembelajaran pada materi volume kubus dan balok tidak menarik dan membosankan, sehingga siswa tidak aktif dan semangat belajar siswa menjadi rendah. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: seberapa tinggi kemampuan matematika siswa kelas V sebelum menggunakan buku pop up?. Model buku pop up seperti apakah yang efektif untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa kelas V SD?. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Neglasari Kecamatan Serang Kota Serang tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang merujuk model 4-D (Four D Models) menurut Thiagarajan dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian pada 3 tahap: define (pendefinisian), design (perancangan dan develop (pengembangan). Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan angket. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli, guru dan uji coba terbatas siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Hasil validasi ahli media sebelum dan sesudah revisi memperoleh masing-masing jumlah nilai 42 dan 43 dengan rata-rata 3,50 dan 3,58 dengan kategori “Sangat Baik” sedangkan dari ahli materi memperoleh masing-masing jumlah nilai 49 dan 55 dengan rata-rata 3,26 dan 3,67 dengan kategori “Sangat Baik” (2) Hasil validasi dari uji coba menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merespon positif buku pop up. Jadi buku pop up untuk materi volume kubus dan balok pada pembelajaran geometri untuk siswa kelas V yang dikembangkan oleh peneliti sudah layak menjadi bahan ajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata kunci: pengembangan, buku pop up, volume, kubus, balok, geometri.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 20 Jan 2020 09:13
Perubahan Terakhir: 20 Jan 2020 09:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4931

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.