Realitawati, Realitawati (2019) Hubungan Pendidikan Kewirausahaan dengan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa (Studi di Jurusan MPI FTK UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Realitawati, NIM: 152500091, Judul Skripsi: Hubungan Pendidikan Kewirausahaan dengan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa (Studi di Jurusan MPI FTK UIN SMH Banten) Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya hubungan antara pelaksanaan pendidikan kewirausahaan oleh dosen yang memberikan motivasi terhadap keterampilan berwirausaha mahasiswa. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan dapat membentuk keterampilan berwirausaha sehingga menjadi motivasi agar dapat berwirausaha setelah lulus dari Perguruan Tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses pengajaran pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa. Bagaimana keterampilan berwirausaha pada mahasiswa. Apakah terdapat hubungan antara pendidikan kewirausahaan dengan keterampilan berwirausaha mahasiswa di Jurusan MPI FTK UIN ‘SMH’ Banten. Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan proses pengajaran pendidikan kewirausahaan pada mahasiswa, Mendeskripsikan keterampilan berwirausaha pada mahasiswa, Menganalisis hubungan pendidikan kewirausahaan dengan keterampilan berwirausaha mahasiswa. Penelitian dilakukan di jurusan MPI FTK UIN ‘SMH’ Banten. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi serta kajian untuk Mata Kuliah Kewirausahaan di UIN ‘SMH’ Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi dan korelasi. Sampel menggunakan teknik total Sampling dimana jumlah populasi dijadikan sampel, yaitu seluruh mahasiswa di Jurusan MPI FTK UIN SMH Banten angkatan 2016 yang berjumlah 65 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi didapat nilai Ŷ = 3,77 + 0,919 X. persamaan tersebut menjelaskan bahwa adanya kenaikan nilai dari variabel Y (Keterampilan Berwirausaha) karena terdapat nilai plus (+). Dari hasil perhitungan korelasi maka dapat dikonsultasikan dengan tabel angka kritis r Product Moment dari Pearson pada taraf signifikansi 0,05 dan N-2 = (65-2 = 63) diperoleh r tabel = 0,244. Dengan demikian r hitung (0,885 > 0,244) r tabel. Ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara variabel X dan Y. dan berarti Ho ditolak. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan kewirausahaan dengan keterampilan berwirausaha mahasiswa di Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN ‘SMH’ Banten. Kata kunci: Pendidikan, Kewirausahaan, Keterampilan berwirausaha
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Des 2019 09:06 |
Perubahan Terakhir: | 20 Des 2019 09:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4847 |
Actions (login required)
Lihat Item |