Nurhasanah, Nurhasanah (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Pendekatan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
1. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (55kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
2. LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (481kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
SKRIPSI BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (215kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
SKRIPSI BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (352kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
SKRIPSI BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (287kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
SKRIPSI BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (554kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
SKRIPSI BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (201kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nurhasanah. 132400677. 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Pendekatan Proses Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang berlangsung selama ini cederung menekankan pada produk berupa karangan, bukan pada proses bagaimana karangan tersebut dihasilkan. Selain itu, pembelajaran menulis karangan deskripsi yang dilaksanakan oleh guru masih menggunakan kebiasaan lama, misalnya tugas dan latihan, sehingga kompetensi yang diharapkan tidak dapat dicapai secara maksimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pendekatan pembelajaran yang mampu menggali seluruh potensi siswa sehingga mereka memahami bagaimana caranya menulis. Penggunaan pendekatan proses yang dikembangkan pada penelitian ini merupakan suatu alternatif model pembelajaran yang mampu mengatasi masalah tersebut. Pendekatan proses dalam pembelajaran menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan berpijak pada lima tahapan, yaitu : (1) pramenulis, (2) menyusun draft karangan, (3) merevisi draft karangan, (4) menyunting karangan, dan (5) mempublikasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD pada level kelas 3 yang berada di Kota Cilegon. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Prosedur yang ditempuh melalui tiga tahap, yaitu : (1) studi pendahuluan, (2) uji coba; uji coba terbatas dilakukan pada salah satu sekolah, (3) pengujian hasil belajar dan efektivitas penggunaan pendekatan proses dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Melalui metode yang digunakan, hasil penelitian membuktikan bahwa 1) pembelajaran menulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia saat ini masih berpusat pada guru dan berfokus pada produk, bukan pada proses, sumber pembelajaran yang digunakan terbatas pada buku paket semata, 2) model pendekatan proses yang dikembangkan pada pembelajaran menulis mata pelajaran Bahasa Indonesia, meliputi desain perencanaan, desain pengembangan, desain pemanfaatan, desain pengelolaan, dan desain penilaian, 3) hasil pengembangan model menunjukkan bahwa pendekatan proses pada pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia mampu meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, melalui teknik the matching control group desain pretest-postest, pendekatan proses mampu membantu meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 06 Des 2019 08:14 |
Perubahan Terakhir: | 06 Des 2019 08:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4794 |
Actions (login required)
Lihat Item |