Islamiati, Dian (2019) Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah di Bank Muamalat Indonesia KCU Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Abstrak
Nama: Dian Islamiati, NIM: 151500201, Judul Skripsi: Strategi Pemasaran Produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah di Bank Muamalat Indonesia KCU Cilegon. Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah merupakan tabungan yang dimaksudkan dalam mewujudkan niat nasabah untuk menunaikan ibadah haji dan umrah ke tanah suci. Produk ini akan membantu nasabah dalam merencanakan ibadah haji dan umrah sesuai dengan kemampuan keuangan dan waktu pelaksanaan yang diinginkan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Menjelaskan bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah di Bank Muamalat Indonesia KCU Cilegon? Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah di Bank Muamalat Indonesia KCU Cilegon. Penelitian ini dilakukan di Bank Muamalat Indonesia KCU Cilegon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data yang berasal dari data primer. Dalam penelitian ini, data yang dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada dasarnya, ibadah haji dan umrah adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslim sedunia dengan berkunjung dan melaksanakan beberapa kegiatan di beberapa tempat di Arab Saudi pada waktu tertentu yang dikenal sebagai musim haji. Sedangkan yang dimaksud dengan waktu tertentu adalah bulan-bulan haji yaitu dimulai dari bulan Syawal sampai dengan sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Amalan ibadah yang harus dilakukan yaitu thawaf, sa‟i, wukuf, mazbit di Mudzalifah, melontar jumroh, dan mabit di Mina. Hal ini berbeda dengan ibadah umrah yang bisa dilaksanakan sewaktu-waktu dan dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada hari Arafah yaitu tanggal 10 Dzulhijjah dan hari-hari Tasyrik yaitu tanggal 11,12,13 Dzulhijjah. Melaksanakan umrah pada bulan Ramadhan sama nilainya dengan melakukan ibadah haji. Bank Muamalat Indonesia KCU Cilegon dalam memasarkan produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah adalah dengan merumuskan pasar yang dituju yaitu masyarakat Muslim se-Provinsi Banten dari berbagai usia dan berbagai profesi, mengembangkan strategi segmentation, targeting, dan positioning, serta membuat program Rezeki Haji Berkah yang berhadiah lima tiket umrah setiap bulannya secara gratis untuk lima orang pemenang bagi nasabah produk Tabungan iB Muamalat Haji dan Umrah dari seluruh cabang Bank Muamalat di Indonesia. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Produk Tabungan iB Muamalat, Haji dan Umrah
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.15 Haji > 2x4.150 1 Manasik haji |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2019 07:35 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2019 07:35 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4681 |
Actions (login required)
Lihat Item |