Hubungan Self Control Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Al-Mubarok Kota Serang)

Atoillah, Mohammad (2019) Hubungan Self Control Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Al-Mubarok Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1 COVER PAI 2019.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3 ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (132kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
15 BAB 1-5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Mohammad Atoillah, NIM: 142101922, Judul Skripsi: Hubungan Self Control Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Al-Mubarok Kota Serang). Hasil belajar sangat penting dalam pendidikan hal ini dapat menentukan kualitas dari kegiatan pembelajaran itu sendiri, dan siswa yang menjadi objeknya. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil belajar yang baik maka perlu adanya self control (kendali diri) yang tepat. Sehingga self control (pengendalian diri) dapat mendorong cara belajar siswa yang selanjutnya diharapkan adanya peningkatan hasil belajar yang lebih baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan Latar Belakang tersebut, maka Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana self control siswa SMA Al-Mubarok Kota Serang?; 2). Bagaimana hasil belajar siswa SMA Al-Mubarok Kota Serang pada bidang studi pendidikan agama Islam?; 3). Bagaimana hubungan self control siswa SMA Al-Mubarok Kota Serang dengan hasil belajar pada bidang studi pendidikan agama Islam?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui self control siswa SMA Al-Mubarok Kota Serang. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa SMA Al-Mubarok Kota Serang pada bidang studi pendidikan agama Islam. 3). Untuk mengetahui hubungan self control siswa SMA Al-Mubarok Kota Serang dengan hasil belajar pada bidang studi pendidikan agama Islam. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan analisis korelasi product moment. Adapun sampel berjumlah 25 siswa/i dari jumlah populasi 165 siswa/i SMA Al-Mubarok Kota Serang. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Self Control (Variabel X) dengan Hasil Belajar Siswa (Variabel Y) mempunyai hubungan yang kuat atau tinggi yaitu 0,74 dengan kategori kuat (0,71 – 0,90). Sedangkan kontribusi antara Self Control (X) dengan Hasil Belajar Siswa (Y) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 54,76%. Adapun kekurangannya sebesar 45,24% dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat diteliti kembali. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa; Self Control

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Sep 2019 04:13
Perubahan Terakhir: 27 Sep 2019 04:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.