Nufus, Hayatun (2019) Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini (Penelitian di TK Negeri Pembina Provinsi Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (12kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAGIAN DEPAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (110kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (61kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (130kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (82kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV-V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (74kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Hayatun Nufus. 152600023. 2019. Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini (Penelitian di TK Negeri Pembina Provinsi Banten). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di TK Negeri Pembina Provinsi Banten tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu lima orang tua dan satu orang guru TK Negeri Pembina Provinsi Banten, dan subyek dalam penelitian ini adalah lima orang siswa TK Negeri Pembina Provinsi Banten. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua siswa TK Negeri Pembina Provinsi Banten adalah 40% Pola asuh demokratis, 40% pola asuh otoriter dan 20% pola asuh permisif. Pola asuh demokratis ditunjukkan dengan hasil wawancara bahwa orang tua memberi kebebasan kepada anak, akan tetapi orang tua tetap mengawasi dan mengontrol anak. Pola asuh otoriter ditunjukkan dengan hasil wawancara bahwa orang tua menuntut anak untuk harus menuruti semua peraturan yang telah dibuat. Pola asuh permisif ditunjukan dengan hasil wawancara bahwa orang tua memberi kebebasan penuh terhadap anak dan tidak adanya kontrol terhadap anak. Sedangkan kemandirian siswa TK Negeri Pembina Provinsi Banten sangat beragam. Ada yang sudah berkembang dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dari hasil penelitian bahwa anak sudah mampu untuk melakukan keperluannya sendiri, yakni anak sudah mampu untuk mandi, memakai baju, memakai sepatu, makan, dan ke toilet sendiri tanpa harus ditunggu. Ada pula yang belum baik perkembangan mandirinya dimana masih meminta bantuan orang tua. Pola asuh orang tua yang digunakan berdampak terhadap kemandirian Anak. Jika orang tua menggunakan pola asuh demokratis maka akan membuat anak mandiri, akan tetapi jika menggunakan Pola asuh Otoriter akan membuat anak dalam tekanan, sedangkan jika menggunakan pola asuh permisif akan membuat anak menjadi manja dan memiliki ketergantungan terhadap orang tua. Kata kunci: Pola Asuh, Orang Tua, Kemandirian, Anak Usia Dini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Aug 2019 04:02 |
Perubahan Terakhir: | 05 Aug 2019 04:02 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4220 |
Actions (login required)
Lihat Item |