Taihami, Muhammad (2019) Konsep Pendidikan Islam (Study Komperatif pemikiran Muhammad Iqbal dan Hasan Langgulung). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (140kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
Lampiran dalam skripsi TAMI.docx.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (319kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I - V)
penyatuan.rtf - Copy - Copy.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (666kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Muhammad Taihami. 142101830. 2018. Konsep Pendidikan Islam (Study Komperatif pemikiran Muhammad Iqbal dan Hasan Langgulung). Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh pengetahuan baru mengenai perbandingan konsep pendidikan Islam yang di telah dirancang oleh Muhammad Iqbal dan Hasan Langgulung. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah pendidikan merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia ketika melangsungkan kehidupannya olehkarenaitu pentingnya pengetahuan tentang suatu konsep pendidikan dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan karena pendidik dapat mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan ketika sedang melaksanakan proses belajar mengajar dikelas sesuai konsep pendidikan yang sebelumnya telah diketahui. Berbagai pemikiran dan solusi telah dikemukakan oleh para ahli terutama dalam pengembangan konsep dan pengaplikasiannya dalam dunia pendidikan. banyaknya tokoh ilmuan muslim yang telah mengontribusikan pemikirannya ke dunia pendidikan Islam dapat menambah percepatan perkgembangan pendidikan Islam. Dari sekian tokoh ilmuan muslim yang telah mengkontribusikan pemikirannya kedalam dunia pendidikan, penulis tertarik pada dua tokoh yaitu Muhammad Iqbal dan Hasan Langgulung tentang pemikirannya pada dunia pendidikan Islam sebagai bahan objek penelitian. Peneliti mengangkat kedua tokoh ini karena peneliti merasa tertarik dengan beberapa konsep pemikirannya. Dan juga, peneliti tertarik untuk membandingkan beberapa pemikiran penddikan Islam yang telah dikemukakan oleh kedua tokoh ini, karena dengan membandingkan pemikiran kedua tokoh ini, baik pembaca, khususnya penulis berharap dapat memperkaya ilmu pengetahuan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Literer yang merupakan cabang dari metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep pendidikan yang dibuat oleh Muhammad Iqbal dan Hasan Langgulung Secara garis besar, menurut Muhammad Iqbal bahwa sebenarnya pendidikan Islam itu pada hakikatnya adalah bagaimana menciptakan insan kamil Sementara menurut Hasan Langgulung, pendidikan Islam sebagai pengemebangan potensi yang pada dasarnya telah diberikan oleh Allah kepada manusia. Kata kunci : Konsep Pendidikan Islam Muhammad Iqbal dan Hasan Langgulung.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.39 Ketentuan histories dan geografis. |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 05 Aug 2019 04:01 |
Perubahan Terakhir: | 05 Aug 2019 04:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4216 |
Actions (login required)
Lihat Item |