Peran Kepala Madrasah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di MTs Al-Hidayah Kadulawang Kab. Pandeglang.

Adewiyah, Robiatul (2019) Peran Kepala Madrasah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di MTs Al-Hidayah Kadulawang Kab. Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAGIAN MUKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (631kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (287kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (818kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (303kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (455kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (152kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (362kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Robiatul Adewiyah, NIM: 152102043. 2019. Judul Skripsi: Peran Kepala Madrasah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah di MTs Al-Hidayah Kadulawang Kab. Pandeglang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Kadulawang. Baik kondisi siswa, guru dan tenaga pendidikan lainnya serta sarana dan prasarana di Madrasah ini. Untuk mengetahui impelementasi manajemen berbasis madrasah, peran dan pengaruh Kepala Madrasah dalam impelementasi manajemen berbasis Madrasah, faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen berbasis Madrasah, serta solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Manfaat penelitian ini bagi pihak Madrasah, sebagai tolak ukur dalam penentuan setiap kebijakan di madrasah dan penentuan pengembangan program-program di Madrasah. Metodologi penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriptif. Dengan observasi dan wawancara dalam proses pengumpulan data. Sedangkan analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian di MTs Al-Hidayah menunjukkan bahwa peran Kepala Madrasah sudah berjalan baik sesuai dengan bagaimana mestinya, dan Kepala Madrasah dapat memosisikan diri ketika menjadi seorang motivator, evaluator pemimpin dan sebagainya. Lalu di Madrasah ini menunjukkan upaya untuk memaksimalkan penerapan manajemen berbasis Madrasah, meskipun terlihat keterbatasan sarana prasarana dan lain sebagainya. Keterlibatan komite Madrasah sebagai jembatan antara Madrasah dengan wali murid juga berpengaruh, di Madrasah ini menunjukkan adanya komite madrasah yang langsung bertanggung jawab atas salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang diselenggarakan pihak Madrasah. Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah juga yang merupakan induk dari Kelompok Kerja Madrasah (KKM) menunjukkan kinerjanya dengan baik sebagai sekretariat KKM tersebut, yang juga dijadikan sebagai penunjang dalam peningkatan kualitas madrasah. Kata kunci: Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Innovator, Motivator Manajemen Berbasis Madrasah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 02 Jul 2019 04:03
Perubahan Terakhir: 02 Jul 2019 04:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4108

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.