Pengembangan Media Kincir Angin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif (R&D di SDN Ujung Tebu Cikampak Kota Serang).

Nurhalifah, Ida (2019) Pengembangan Media Kincir Angin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif (R&D di SDN Ujung Tebu Cikampak Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (20kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
2. ii ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (76kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAK1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (13kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (186kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (284kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (396kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (605kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (159kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Ida Nurhalifah. 142400735, Judul: Pengembangan Media Kincir Angin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Energi Alternatif (R&D di SDN Ujung Tebu Cikampak Kota Serang). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa media kincir angin untuk kelas III SD pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif. Metode peneltian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dari Brog and Gall dengan 5 langkah yang digunakan, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) pengembangan produk, (3) uji validasi, (4) revisi produk, (5) uji coba produk, yang melibatkan 21 peserta didik sebagai partisipan dan para ahli dan guru untuk menilai kelayakan media kincir angin tersebut. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data kuantitatif dan kualitatif, melalui observasi, instrumen angket, catatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa media kincir angin pada pembelajaran IPA materi energi alternatif dinyatakan layak untuk digunakan dengan persentase penilaian dari ahli media 87,50% yang menunjukan klasifikasi “Sangat Baik” dan persentase penilaian dari ahli materi 80,00% yang menunjukan klasifikasi “Baik”, dan hasil penilaian uji coba produk yang dilakukan oleh siswa melalui angket dengan nilai persentase 99,63% yang menunjukan klasifikasi “Sangat Baik”, serta penilaian dari uji pengguna oleh guru kelas mencapai nilai 95,4% yang menunjukan klasifikasi “Sangat Baik”. Disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran kincir angin layak digunakan untuk membantu siswa kelas 3 dalam pembelajaran IPA materi energi alternatif. Kata Kunci: Pengembangan Media Kincir Angin, Energi Alternatif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 27 Jun 2019 01:14
Perubahan Terakhir: 27 Jun 2019 01:14
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4067

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.