PENGGUNAAN STARTEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN HUKUM BACAAN QOLQOLAH, TAFKHIM DAN MAD ARIDL LISSUKUN(PTK Di Kelas VIII MTs Al-Jami’atusysyubban Citeureup Panimbang)

FATHURAHMAN, FATHURAHMAN (2017) PENGGUNAAN STARTEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN HUKUM BACAAN QOLQOLAH, TAFKHIM DAN MAD ARIDL LISSUKUN(PTK Di Kelas VIII MTs Al-Jami’atusysyubban Citeureup Panimbang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (85kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I S/D BAB V)
BAB I-V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (135kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pendidikan agama Islam merupakan usaha bimbingan dan asuhan terhadap anak didik, agar nantinya setelah selesai menempuh pendidikan peserta didik dapat memahami, mengahayati, dan mengamalkan ajaran-ajaran agama Islam sebagai suatu pandangan hidup demi keselamatan dan kesejahteraan hidup dunia maupun akhirat kelak. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Al-Jami’atusysyubban Citeureup sebagaian besar siswa mempunyai kelemahan yang sama yaitu siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi dalam belajar dikelas. Sehingga hasil belajar siswapun belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dari 35 siswa hanya 15 siswa yang sudah mencapai nilai KKM atau sekitar 42,85 %. Landasan teori yang peneliti gunakan tentang penggunaan strategi Learning Starts With A Question dalam meningkatkan hasil belajar siswa: menurut teori Melvin Silbermen penggunaan strategi Learning Starts With A Question berikut: a. Pilih bahan bacaan yang sesuai kemudian bagikan kepada peserta didik. Dalam hal ini bacaan, b. Minta peserta didik untuk mempelajari bacaan sendirian atau dengan teman, c. Minta peserta didik untuk memberi tanda pada bagian bacaan yang tidak dipahami. Anjurkan mereka untuk memberi tanda sebanyak mungkin. Jika waktu memungkinkan, gabungkan pasangan belajar dengan pasangan yang lain, kemudian minta mereka untuk membahas poin-poin yang tidak diketahui yang telah diberi tanda, d. Di dalam pasangan atau kelompok kecil, minta kepada siswa untuk menuliskan pertanyaan tentang materi yang telah mereka baca, e. Kumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang telah ditulis oleh peserta didik, f. Sampaikan pelajaran dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Strategi Learning Starts With A Question adalah suatu strategi pembelajaran aktif dalam bertanya. Mel Silberman dalam bukunya Active Learning mengemukakan bahwa proses mempelajari sesuatu yang baru adalah lebih efektif jika peserta didik dalam keadaan aktif, bukannya reseptif. Salah Satu cara untuk menciptakan kondisi pembelajaran seperti ini adalah dengan menstimulir siswa untuk menyelidiki atau mempelajari sendiri materi pembelajarannya, tanpa penjelasan terlebih dahulu dari guru. Strategi sederhana ini menstimulasi pengajuan pertanyaan, yang mana merupakan kunci belajar Berdasarkan hasil penelitian: hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Learning Starts With A Question mengalami peningkatan yang signifikan., Nilai rata-rata hasil belajar siswa mulai dari pra siklus 59,85 dengan presentase ketuntasan belajar 42,85% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 68,57 dengan presentase ketuntasan belajar 57,14% dan pada siklus II menjadi 82,42 dengan presentase ketuntasan belajar 85,71%.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): AL-QUR’AN HADITS
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 24 Apr 2017 02:12
Perubahan Terakhir: 24 Apr 2017 02:12
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/406

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.