Suryantini, Erika (2019) Strategi Radio Republik Indonesia Banten dalam Menarik Minat Pendengar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Abstrak
Dalam dunia jurnalistik, radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang memegang peranan penting. Radio menyampaikan pesan dengan cepat dan akurat. Selain itu, radio bersifat personal sehingga setiap pesan dapat dimaknai secara unik dan pribadi. Radio sebagai salah satu media massa elektronik mampu memberikan penyegaran informasi dan hiburan bagi masyarakat. Media ini mudah dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas karena harganya yang relatif murah dengan cara penggunaannya yang gampang. RRI Banten adalah satu-satunya radio yang menyandang nama negara yang siarannya ditujukan untuk kepentingan bangsa dan negara yang ada di Provinsi Banten. RRI Banten sebagai Lembaga Penyiaran Publik yang independen, netral dan tidak komersial yang berfungsi memberikan pelayanan siaran informasi, komunikasi, pendidikan, hiburan yang sehat, kontrol sosial, serta menjaga citra positif bangsa di dunia internasional yang harus memiliki strategi untuk menyiarkan radio nya sehingga pendengar berminat untuk mendengarkan radio RRI Banten. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi penyiaran RRI Banten untuk menarik minat pendengar?, 2) Dan apa program materi yang disampaikan dalam penyiaran RRI Banten? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang strategi dalam menyiarkan radio dan untuk mengenal lebih jauh tentang program dan materi yang sering disampaikan dalam penyiaran radio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber data wawancara, dokumentansi dan studi pustaka yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan, bahwa RRI Banten yang mengudara di jalur 94,9 FM memikliki kekuatan membangun strategi dalam menarik minat pendengar, yaitu dengan memanfaatkan jaringan yang luas dari kota sampai ke pelosok-pelosok desa yang mendapat dukungan dana dari pemerintah yang bersumber dari APBN atau APBD. RRI Banten dapat membangun pendengar setia yang lebih banyak dengan memperbaiki dari sisi kekurangan personil dalam struktur organisasi. Strategi lain yang dapat dilakukan untuk menarik minat pendengar adalah memanfaatkan peluang yang ada, yaitu segmentasi siaran yang dibidik oleh RRI Banten adalah masyarakat yang belum terjangkau oleh media TV dan radio-radio swasta lainnya di pelosok-pelosok daerah. Berdasarkan pada kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada, maka RRI banten dapat membuat kebijakan startegi untuk menarik minat masyarakat.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 20 Jun 2019 06:31 |
Perubahan Terakhir: | 27 Mar 2024 03:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4045 |
Actions (login required)
Lihat Item |