Pengaruh Challenge Viral Di Media Sosial Terhadap Kondisi Psikologis Remaja (Studi di Lingkungan Delingseng, RT 01 RW 01, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon), Tahun 2019.

Aziz, Rizma Khairunnisa (2019) Pengaruh Challenge Viral Di Media Sosial Terhadap Kondisi Psikologis Remaja (Studi di Lingkungan Delingseng, RT 01 RW 01, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon), Tahun 2019. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks
1. COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (65kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
3. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (92kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - V)
8. SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (932kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
7. DAFTAR ISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (140kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Nama: Rizma Khairunnisa Aziz, NIM: 153400578, Judul Skripsi: Pengaruh Challenge Viral Di Media Sosial Terhadap Kondisi Psikologis Remaja (Studi di Lingkungan Delingseng, RT 01 RW 01, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon), Tahun 2019. Media sosial menjadi pemicu munculnya tren baru yang menyita perhatian banyak orang dari segala kalangan terutama remaja, salah satunya adalah tren challenge. Remaja yang berusaha menemukan identitas dirinya dihadapkan pada situasi yang menuntut harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Fenomena yang terjadi pada kalangan remaja di Lingkungan Delingseng RT 01 RW 01 adalah mengikuti tren challenge yang sedang viral di media sosial. Namun sayangnya beberapa challenge yang viral belakangan ini memiliki dampak negatif yang membahayakan remaja terutama kondisi psikologis mereka. Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kondisi psikologis remaja di Lingkungan Delingseng RT 01 RW 01? (2) Seberapa besar ketertarikan remaja di Lingkungan Delingseng RT 01 RW 01 terhadap tren challenge viral di media sosial? (3) Adakah pengaruh dari challenge viral di media sosial terhadap kondisi psikologis remaja? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kondisi psikologis remaja di Lingkungan Delingseng RT 01 RW 01. (2) Untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan remaja di Lingkungan Delingseng RT 01 RW 01 terhadap tren challenge viral di media sosial. (3) Untuk mengetahui pengaruh dari challenge viral di media sosial terhadap kondisi psikologis remaja. Penelitian ini dilaksanakan di Lingkungan Delingseng RT 01 RW 01, dengan jumlah remaja sebanyak 36 orang, penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga sampelnya berjumlah 36 responden. Sampel diambil dengan menggunakan sistem Nonprobability Sampling Purposive. Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan, maka peneliti menggunakan metode kombinasi iii (penggabungan kuantitatif dan kualitatif), dengan desain penelitian Sequential Explanatory Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Adapun analisis datanya menggunakan analisis statistik dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16. Hasil analisis korelasi (r) variabel kualitas produk adalah sebesar 0,569. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh antara challenge viral di media sosial terhadap kondisi psikologis remaja adalah sebesar 0,569 atau termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: Challenge, Viral, Media Sosial, Psikologis Remaja.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 23 Mei 2019 01:59
Perubahan Terakhir: 23 Mei 2019 01:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.