NOVIYANTI, NOVIYANTI (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA Negeri 1 Puloampel Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (123kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
Lampiran depan skripsi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (258kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (163kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (237kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (391kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V edit.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (53kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (150kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Strategi Pembelajaran Inkuiri merupakan salah satu model atau metode yang digunakan pendidik (guru) dalam meningkatkan keaktifan belajar. Karena inkuiri artinya proses pembelajaran didasarkan pada pencarian dan penemuan melalui proses berfikir secara sistematis.Menurut Kunandar dalam Aris Shoimin pembelajaran inkuiri adalah kegiatan pembelajaran dimana siswa didorong untuk belajar melalui keterlibatan aktif mereka sendiri dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, dan guru mendorong siswa untuk memiliki pengalaman dan melakukan percobaan yang memungkinkan siswa menemukan prinsip-prinsip untuk diri mereka sendiri. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Keaktifan Belajar di SMAN 1 Puloampel Kabupaten Serang, 2) Apakah terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMAN 1 Puloampel Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Untuk mengetahui Keaktifan Belajar di SMAN 1 Puloampel Kabupaten Serang, 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Keaktifan Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Puloampel Kabupaten Serang. Adapun Manfaat dari penelitian ini adalah: 1) Menambah Wawasan dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia, 2) Meningkatkan Kreativitas Guru, 3) Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian pre eksperimen jenis one short case study, yaitu dengan desain terdapat suatu kelompok diberi treatment/perlakuan, dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Dengan jumlah sampel 40 orang siswa(responden) yang ditentukan dengan teknik random sampling, dan dengan teknik pengumpulan data: Wawancara, Angket, dan Studi Pustaka. Hasil penelitian didapatkan dari hasil analisis korelasi dengan menunjukkan indeks koefisien r xy = 0,73 berada antara (0,60-0,80). Hasil ini berarti antara variabel X terhadap Variabel Y ialah 53,29 %. Sedangkan, sisanya 49,71% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Puloampel Kabupaten Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PEMBELAJARAN INKUIRI |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 19 Apr 2017 01:19 |
Perubahan Terakhir: | 19 Apr 2017 01:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/385 |
Actions (login required)
Lihat Item |