Hidayati, Nur (2019) Desain dan Implementasi Pembelajaran PAI bagi Tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks (COVER)
Nur Hidayati-Covernya.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
0-Nur Hidayati-Depannya.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (266kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I - V)
1-Nur Hidayati-Isinya.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang adalah anak dan remaja yang mengalami penyimpangan perilaku dengan derajat penyimpangan yang berat karena sudah menunjukkan pelanggaran hukum dan mengganggu ketertiban masyarakat. Mereka masih bisa dididik untuk bersikap yang secara sosial dapat diterima dan secara pribadi menyenangkan sehingga kelak mereka siap kembali ke masyarakat dengan kondisi yang lebih baik. Mereka dididik melalui pendidikan formal dan non formal yang di dalamnya terdapat pembelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain dan implementasi pembelajaran PAI bagi tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang?, apa faktor pendukung dan penghambat nya?, serta bagaimana upaya mengatasi faktor penghambat nya?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Desain pembelajaran PAI bagi tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang mengacu pada model desain pembelajaran DSI-PK dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), 2) Implementasi pembelajaran PAI bagi tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang menggunakan sistem pembelajaran klasikal dan kelompok dengan model pengembangan kurikulum yang fleksibel yaitu model substitusi dan omisi. Metode pembelajarannya ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan diskusi. Sedangkan evaluasi pembelajarannya mencakup penilaian sumatif dan formatif. 3) Faktor pendukung desain dan implementasi pembelajaran PAI bagi tunalaras di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Tangerang adalah sarana prasarana, adanya tenaga relawan, kerjasama dengan pihak di luar LPKA, dan bantuan dana BOS dari pemerintah. Faktor penghambatnya adalah kurangnya tenaga pengajar, dukungan dari orang tua, dan latar belakang kasus anak yang beragam, 4) Upaya untuk mengatasi faktor penghambat yaitu dengan melibatkan tenaga relawan, mengadakan kegiatan keagamaan, membuat surat perjanjian dengan orang tua, dan kesabaran serta keikhlasan para petugas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Desain Pembelajaran, Implementasi Pembelajaran PAI, Tunalaras |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 15 Mei 2019 01:33 |
Perubahan Terakhir: | 05 Jun 2024 08:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3683 |
Actions (login required)
Lihat Item |