Pengaruh Persepsi Siswa Tentang kompetensi Profesionalitas Guru dan Iklim Belajar Kelas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 6 Kelas X kota Tangerang

Anwar, Rosihan (2019) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang kompetensi Profesionalitas Guru dan Iklim Belajar Kelas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMA Negeri 6 Kelas X kota Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER EDIT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (341kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (FULL TESIS)
TESIS PA ROSIHAN PRINT.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pelajaran yang dirasakan oleh sebagian siswa kurang menarik dan sangat menjenuhkan, hal ini disebabkan karena persepsi siswa tentang mata pelajaran PAI adalah PAI merupakan mata pelajaran yang memerlukan lebih banyak menghafal dari pada berfikir ditambah lagi dengan bahasa-bahasa agama yang sulit dimengerti, dan faktor lain yang menyebabkan siswa kurang tertarik dengan pelajaran PAI, dikarenakan banyak siswa yang kurang memahami makna mata pelajaran PAI dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Ketidaktertarikan siswa terhadap mata pelajaran PAI bisa dilihat dari rata-rata ulangan semester yang masih di bawah nilai KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesionalitas guru dan iklim belajar kelas terhadap hasil belajar PAI siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey.Sampel dalam penelitian ini adalah 51 siswa kelas X Jurusan IPA di SMA Negeri 6 Tangerang. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa persentase hasil belajar PAI siswa sebesar 80,67%. Ini menunjukan hasil belajar PAI siswa kelas X SMA N 6 Kota Tangerang tergolong sangat baik.Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa persentase kompetensi profesionalitas guru PAI sebesar 66,82%. Ini menunjukan kompetensi profesionalitas guru PAI di SMA N 6 Kota Tangerang tergolong baik. Hasil analisis deskriptif diketahui bahwa persentase iklim belajar sebesar 66,82%. Ini menunjukan kemampuan iklim belajar di SMA N 6 Kota Tangerang tergolong kondusif. Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kompetensi profesionalitas guru terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Kota Tangerang, dengan besaran pengaruh yang diberikan sebesar 19,4%.Terdapat pengaruh positif iklim belajar kelas terhadap Hasil Belajar PAI di Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Kota Tangerang, dengan besaran pengaruh yang diberikan sebesar 14,8%. Terdapat pengaruh Kompetensi profesionalitas guru dan Iklim Belajar secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar PAI di Siswa Kelas X di SMA Negeri 6 Kota Tangerang, dengan besaran pengaruh yang diberikan sebesar 26,5%. Kata Kunci: Kompetensi Profesionalitas Guru, Iklim Belajar Kelas, Hasil Belajar

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 05 Apr 2019 06:59
Perubahan Terakhir: 29 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.