Implementasi Model Pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction (ARIAS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an dan Hadits pada Materi indahnya ikhlas

Lisnawati, Elis (2019) Implementasi Model Pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, satisfaction (ARIAS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an dan Hadits pada Materi indahnya ikhlas. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (83kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI fix.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (84kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB 1 fix sistematika blm.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (523kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB 2 fix (Repaired).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (613kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB 3 fix.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (542kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB 4 fix.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (463kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB 5 fix.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (204kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (66kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
PERSEMBAHAN tea fix.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (614kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Elis Lisnawati, NIM:142101911, Judul Skripsi : dalam beribadah (PTK di Kelas X IPS 2 MAN 1 Kota Cilegon). Masalah peningkatan hasil belajar pada siswa memang masalah yang tidak pernah absen dari kegiatan agenda kegiatan guru khususnya pada pelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Pada penelitian ini, peneliti mengamati ketika PPLK bahwa hasil pada pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits di MAN 1 Kota Cilegon sebagian besar siswa mempunyai hasil pembelajaran yang belum maksimal. Siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi dalam belajar di kelas. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana implementasi model pembelajaran ARIAS dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an dan Hadits pada materi indahnya ikhlas dalam beribadah? 2).Bagaimana hasil belajar menggunakan Model Pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits materi indahnya ikhlas dalam beribadah? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model ARIAS. Lokasi penelitian pembelajaran ini adalah di MAN 1 Kota Cilegon. Subjek penelitian pembelajarannya yaitu siswa kelas X IPS 2 dengan jumlah 33 siswa, Hasil penelitian menjelaskan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran ARIAS yaitu Assurance (Yakin), Relevance (Relevansi), Interest (Minat) Assessment (Evaluasi) dan Satisfaction (penguatan) pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits pada materi indahnya ikhlas dalam beribadah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74.24 dan pada siklus II 95.45.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 28 Mar 2019 08:16
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2019 08:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3612

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.