Mufidatunnufus, Mufidatunnufus (2019) Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
Teks (COVER)
COVER MUFIDATUNNUFUS.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (21kB) |
|
Teks (LAMPIRAN AWAL)
LAMPIRAN AWAL.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (103kB) |
|
Teks (BAB I - V)
PEMBAHASAN.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (107kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA B5.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (16kB) |
Abstrak
Mufidatunnufus, NIM 142101942. 2018. Judul skripsi: Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah kota Serang). Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menekankan pada peran aktif peserta didik pada setiap kegiatan pembelajaran. Pendekatan saintifik dianggap tepat diterapkan pada mata pelajaran aqidah akhlak sehingga perkembangan ilmu keagamaan dapat mengimbangi perkembangan zaman yang semakin hari semakin pesat. Pembelajaran yang dilakukan pada abad 21 harus dapat mengembangkan peserta didik yang kreatif, inovatif, berpikir kritis, serta dapat berkomunikasi dan berkolaborasi. Peneliti menuliskan 2 rumusan masalah yaitu : Bagaimana pola penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran aqidah akhlak dan apa yang menjadi faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran aqidah akhlak dan untuk mendeskrispikan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa implementasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak di SMA Muhammadiyah kota Serang belum berjalan secara optimal. Hal itu disebabkan karena guru tidak menerapkan metode pembelajaran yang relevan dengan materi. Hal-hal yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak yaitu media dan sumber belajar. Sedangkan hal-hal yang menjadi penghambat dalam penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran aqidah akhlak yaitu strategi/metode pembelajaran, serta kurangnya jam mengajar bagi guru. Kata kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 25 Feb 2019 06:49 |
Perubahan Terakhir: | 25 Feb 2019 06:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3504 |
Actions (login required)
Lihat Item |