Maspupah, Siti (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI 142101768.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (81kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I -V)
SKRIPSI BAB 1-5.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
SKRIPSI i-xvi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (549kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Siti Maspupah, NIM: 142101768, Judul Skripsi: Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Model Pembelajaran adalah suatu kerangka atau perencanaan yang digunakan oleh guru sebagai pedoman dalam proses pembelajaran di kelas, kemampuan guru merupakan faktor utama yang dapat mempengarui minat belajar siswa agar menjadi lebih semangat dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada guru dengan penekanan pada pembelajaran dekleratif dan prosedural adalah model pembelajaran Direct Instruction. Dengan model pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa akan mampu meningkatkan minat belajar siswa pada saat belajar di kelas, dengan penggunaan model pembelajaran yang digunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, 2). Bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, 3). Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, 2). Untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, 3). Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Kab. Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen yaitu penelitian dengan cara melakukan perbandingan antara dua kelompok yang terdapat dalam dua kelas. Dua kelas tersebut dibagi menjadi dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa: studi pustaka, dokumentasi dan sebaran angket. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu: Penggunaan model pembelajaran direct instruction dalam proses pembelajaran sangat membantu terhadap proses belajar mengajar dan memudahkan siswa dalam mendapatkan informasi langsung dari guru. Dibuktikan dari hasil analisis data yaitu terdapat peningkatan setelah diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran direct instruction, dari nilai posttest siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata = 89,4. Untuk kelas kontrol memiliki nilai rata-rata posttest sebesar = 86,2 dan uji hipotesis dengan harga t_hitung > t_tabel maka H_a diterima. Terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran direct instruction terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an-Hadits
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 19 Feb 2019 07:34 |
Perubahan Terakhir: | 19 Feb 2019 07:34 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3440 |
Actions (login required)
Lihat Item |