Maftuhah, Lilis (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan” (Pre Eksperimen di Kelas IV MI Annizhomiyyah Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (23kB) | Pra Tinjau |
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (17kB) |
||
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (19kB) |
||
|
Teks (FULL SKRIPSI)
LILIS MAFTUHAH - 142400685.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (142kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama: Lilis Maftuhah. NIM: 142400685. Judul Skripsi: “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan” (Pre Eksperimen di Kelas IV MI Annizhomiyyah Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran word square pada pembelajaran IPA di MI Annizhomiyyah materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan, mengetahui hasil belajar IPA di MI Annizhomiyyah setelah penerapan model pembelajaran word square pada pembelajaran IPA materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan, mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPA siswa di MI Annizhomiyyah materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan. Metode penelitian yang digunakan pre eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan populasi seluruh siswa kelas IV semester ganjil pada Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Labuan Tahun Ajaran 2018/2019 yaitu sebanyak 62 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas IVB sebagai kelas penelitian sebanyak 31 siswa. Tahap uji instrumen yang dilakukan adalah analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung normalitas, dan uji hipotesis uji Mc Nemar Test. Hasil analisis data membuktikan bahwa hasil belajar IPA pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan siswa kelas IV MI Annizhomiyyah setelah menggunakan model pembelajaran word square lebih baik dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran word square. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran word square terhadap hasil belajar IPA.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 19 Feb 2019 07:27 |
Perubahan Terakhir: | 19 Feb 2019 07:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3410 |
Actions (login required)
Lihat Item |