Fita Latifah, Siti (2019) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Luas Trapesium (Kuasi Eksperimen Siswa di Kelas V SD Negeri 2 Selaraja Kec. Warunggunung Kab. Lebak). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (151kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
SKRIPSI BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (186kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
SKRIPSI BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (577kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
SKRIPSI BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (111kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (268kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
SKRIPSI BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (290kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Siti Fita Latifah. NIM 142400773. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Luas Trapesium (Kuasi Eksperimen Siswa di Kelas V SD Negeri 2 Selaraja Kec. Warunggunung Kab. Lebak) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Selaraja. Hal tersebut dipengaruhi oleh ketidaksukaan siswa terhadap pembelajaran matematika serta penggunaan pendekatan yang digunakan masih belum kreatif dan inovatif dalam setiap pembelajaran. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Salah satual ternatif pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematics education terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan pendekatan realistic mathematics education dengan pemahaman konsep siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design, teknik pengumpulan data melalui tes tulis. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian yang diperolehini berdasarkan analisis uji beda terhadap dua kelompok dengan menggunakan program SPSS 20 diperoleh nilai probabilitas pada signifikan (2-tailed) adalah 0,000 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak karena 0,000 < 0,05. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Selaraja Kec. Warunggunung Kab. Lebak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 13 Feb 2019 07:07 |
Perubahan Terakhir: | 13 Feb 2019 07:07 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3379 |
Actions (login required)
Lihat Item |