Khusniawati, Khusniawati (2019) Pengaruh metode belajar resource based learning terhadap kemandirian belajar siswa pada Mata Pelajaran fiqih (Penelitian di MTs Al-Khairiyah Kresek Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK NIAAA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (342kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (COVER)
cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (132kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I - V)
bab 1-5 nia.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (837kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (79kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Nama : Khusniawati, NIM 122111524, Judul Skripsi : Pengaruh metode belajar resource based learning terhadap kemandirian belajar siswa pada Mata Pelajaran fiqih (Penelitian di MTs Al-Khairiyah Kresek Kab. Tangerang). Para siswa sekolah menengah sedang berada pada tingkat perkembangan dimana terjadi perubahan-perubahan psikologi. Di berbagai kota besar, sudah menjadi pengetahuan umum bahwa ulah remaja mencemaskan masyarakat. Hal ini terbukti dengan maraknya budaya mencontek, bolos sekolah, merokok, minum-minuman keras, dan sebagai bentuk penyimpangan lainnya. Namun dalam pelaksanaanya fiqih dengan jam pelajaran hanya 2 jam dalam seminggu belumlah cukup. Maka dari itu, diterapkannya metode RBL ( Resource Based Learning) yaitu pembelajaran melalui berbagai sumber misalnya membaca buku di perpustakan, lab, dan lain-lain. Yakni untuk melengkapi jam pelajara fiqih juga untuk menambah kebiasaan belajar mandiri pada siswa. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode belajar Resource based Learning pada bidang studi fiqih di MTs Al-Khairiyah Tangerang Kresek? (2) Bagaimana kemandirian belajar siswa pada bidang studi fiqih di MTs Al-Khairiyah Tangerang Kresek? (3) Apakah pengaruh metode Resource Based Learning terhadap kemandirian belajar siswa di MTs Al-Khairiyah Tangerang Kresek? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode belajar Resource Based Learning pada bidang studi fiqih di MTs Al-Khairiyah Tangerang Kresek. (2) Bagaimana kemandirian belajar siswa pada bidang studi fiqih di MTs Al-Khairiyah Tangerang Kresek. (3) Apakah pengaruh metode Resource Based Learning terhadap kemandirian belajar siswa di MTs Al-Khairiyah Tangerang Kresek. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Khairiyah Kresek Kab. Tangerang. Jumlah responden 30 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi prodect moment dan koefisien determinasi. Maka dapat disimpulkan metode resource based learning ( Variabel X ) termasuk kategori baik. Hal ini berdasarkan dari hasil analisis korelasi di peroleh mean = 67,43 terdapat pada (60-80) . Kemandirian belajar siswa ( Variabel Y ) termasuk kategori baik. Hal ini berdasarkan dari hasil analisis korelasi di peroleh mean = 76,16 terdapat pada (60-80). Berdasarkan analisis korelasi dengan menggunakan product moment ( rx_y ) terdapat pengaruh metode resource based learning ( Variabel X ) dengan kemandirian belajar siswa ( Variabel Y ) diperoleh 0,50 nilai ini terdapat pada (0,40-0,60) artinya antara Variabel X tehrdapat Variabel Y termasuk dalam kategori sedang, korelasi pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y adalah 25% sedangkan sisanya sebesar 75% dipengaruhi oleh faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 13 Feb 2019 07:05 |
Perubahan Terakhir: | 13 Feb 2019 07:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3356 |
Actions (login required)
Lihat Item |