AMALIAH, AMALIAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN PADA MATERI SENI MERANGKAI BUNGA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI(PTK Di Kelas V SDN Pagedongan Kec. Baros Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
caver amaliah.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
lampiran depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (638kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (206kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (232kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (224kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (402kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (157kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan seni budaya dan keterampilan adalah salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa guna mengembangkan bakat yang dimilikinya. Untuk itu perlu diterapkan inovasi yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan permasalaha n di atas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan dengan menggunakan metode demonstrasi ?. 2). Bagaimana aktivitas belajar siswa dengan menggunakan meto de demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk dapat mengetahui peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan menggunakan metode demonstrasi , 2) Untuk dapat mengetahui aktivitas belajar siswa dalam meningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya dan keterampilan dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakuk an di SDN Pagedongan Kec. Baros Kab. Serang, dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi dan refleksi. Adapun hasil penelitian dapat menyimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa Setelah menggunakan metode demonstrasi aktivitas belajar lebih dominan oleh peserta didik, menjadikan siswa lebih aktif dan percaya diri dalam melakukan sebuah kreativitas sendiri. kemudian Prestasi belajar siswa rata - rata pra siklus sebesar 61,3% dengan persentase ketuntasan 18,1%, pada siklus I setelah menggunakan Metode Demonstrasi nilai rata - ratanya meningkat menjadi 72,8% dengan persentase ketuntasan 77,2%, selanjutnya siklus II nilai rata - ratanya meningkat m enjadi 87,5% dengan persentase ketuntasan 95,4 %
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 02 Jan 2019 00:32 |
Perubahan Terakhir: | 02 Jan 2019 00:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3287 |
Actions (login required)
Lihat Item |