MARYANI, YANI (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI (PTK di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Tunaswangi Kec.Cadasari Kab. Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
01. COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (22kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
03. abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (84kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
11. BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (283kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
12. BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (248kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
13. BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (217kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (468kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
15. BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (7kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan tentang mengapresiasi terhadap keunikan motif hias. Hal ini disebabkan karena metode yang digunakan oleh guru sehingga siswa cenderung pa sif saat pembelajaran berlangsung. Metode demonstrasi yang dipandang tepat agar pembelajaran lebih epektif dan menjadi siswa aktif dalam pembelajaran. Karena metode demonstrasi merupakan pembelajaran yang berpusat pada aktivitas siswa dan membuat siswa ber fikir kritis dalam belajar Perumusan ini bertujuan untuk, 1) Bagaimana penerapan metode demonstrasin pada pelajaran seni budaya dan keterampilan , 2) Bagaimana aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. 3) Bagaimana hasil be lajar siswa pada mata pelajaran Senu Budaya dan Keterampilan dalam materi mengapresiasi terhadap keunikan motif hias. Metode yang digunakan penelitian ini, Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) dilakukan di MI Tunaswangi Kec Cadasari Kab Pandeglang , terdiri dari empat tahap yaitu, tahap perencanaan , tahap tindakan, tahap observasi dan refleksi, dilaksanakan melalui dua siklus. Wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi, observasi . Teknik analisis data yang digunakan pada metode ini adalah , nilai rata - rata dan persentasi . Hasil penelitian ini menunjukan : 1) Proses pembelajaran sangat baik. 2) Siswa sangat aktif dalam pembelajaran. 3) Presentasi belajar siswa rata - rata pra siklus sebesar 67,14 dengan presentasi ketuntasan 21,09, siklus I setelah menggunakan Met ode Demonstrasi meningkat menjadi 69,95 dengan presentasi ketuntasan 57,14, selanjutnya siklus II meningkat menjadi 85,95 dengan presentasi ketuntasan 90,47
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 02 Jan 2019 00:32 |
Perubahan Terakhir: | 02 Jan 2019 00:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3286 |
Actions (login required)
Lihat Item |