Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Plus Malnu Pusat Menes Pandeglang)

Zulfaidah, Ulfah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMA Plus Malnu Pusat Menes Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
LEMBAR AWAL SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (505kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I - DAFTAR PUSTAKA)
BAB I- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (976kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangannya penguasaan guru dalam menggunakan model pembelajaran, peserta didik menerima pelajaran hanya dengan mendengarkan ceramah dari gurunya, mencatat dan mengerjakan tugas tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut berlangsung secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, sehingga menimbulkan perasaan bosan, dan keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran kurang optimal. Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada siswa adalah model pembelajaran koopertatif Team Assisted Individualization, merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang didalamnya terdapat beberapa kelompok kecil dengan kemampuan akademik yang heterogen, saling bekerja sama untuk menyelesaikan tujuan pembelajaran, diskusi terjadi pada saat peserta didik mempertanyakan jawaban teman dalam satu tim Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran team asissted individualization, mengetahui hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran team asissted individualization terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini di harapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain quasi eksperimen, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis, teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian yang diperoleh ini berdasarkan analisis uji beda terhadap dua kelompok penelitian bahwa diperoleh thitung = 17,12 berada di luar interval -2,001 ≤ thitung ≤ 2,001, maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 17 Des 2018 01:46
Perubahan Terakhir: 17 Des 2018 01:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.