PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN(PTK di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Hidayah Ciceri Indah Kota Serang)

KHOIRUNNISA, ILVA (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN(PTK di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Hidayah Ciceri Indah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (107kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (437kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (242kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (297kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (972kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN BAGIAN BELAKANG SKRIPSI)
HALAMAN BELAKANG.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (260kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SDIT Nurul Hidayah Ciceri Indah, yaitu rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menceritakan Cerita. Hal ini disebabkan karena kurang tepatnya metode yang digunakan oleh guru sehingga siswa cenderung pasif saat pembelajaran. Metode yang sesuai agar menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran adalah dengan Metode cerita menggunakan boneka tangan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana aktifitas belajar siswa dalam peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan di kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Hidayah Ciceri Indah? 2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam peningkatan keterampilan berbicara melalui metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan di kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Hidayah Ciceri Indah? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa pada keterampilan berbicara dengan metode bercerita menggunakan boneka tangan pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Hidayah Ciceri Indah. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara dengan metode bercerita menggunakan boneka tangan pada pelajaran bahasa Indonesia di kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Hidayah Ciceri Indah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc Taggart dilaksanakan dua siklus di kelas III SDIT Nurul Hidayah Ciceri Indah Kota Serang dengan jumlah 27 siswa. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata aktifitas pembelajaran siswa memperoleh skor 2,45 pada siklus I dan 3,09 pada siklus II. Hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata mencapais 65,18 dengan persentase ketuntasan 66.70%, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 69,25 dengan persentase ketuntasan 85,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan metode bercerita menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan aktifitas dan belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 07 Apr 2017 00:16
Perubahan Terakhir: 07 Apr 2017 00:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/308

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.