Pengaruh Motivasi Belajar Dan Partisipasi Aktif Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Membaca Al-Qur’an (Survei Di MI Ashhabul Maimanah Sampang Tirtayasa)

Rifa’i., Ahmad (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Partisipasi Aktif Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Membaca Al-Qur’an (Survei Di MI Ashhabul Maimanah Sampang Tirtayasa). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER RIFA'I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (110kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (ABSTRAK)
abstrak b. indonesia b.ing. b.arab.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (406kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (462kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (646kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (534kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (464kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (197kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (118kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar dan Partisipasi Aktif Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Membaca Al-Qur’an. Hipotesis penelitian ini meliputi : 1) Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Membaca Al-Qur’an. 2) Terdapat pengaruh partisipasi aktif orang tua terhadap prestasi belajar Membaca Al-Qur’an.3) Terdapat pengaruh bersama motivasi belajar dan partisipasi aktif orang tua terhadap prestasi belajar Membaca Al-Qur’an Di MI Ashhabul Maimanah Sampang Susukan Tirtayasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survei dengan analisis jalur (path analisis). Populasi terjangkau adalah siswa kelas 2 MI Ashhabul Maimanah Sampang Tirtayasa Serang tahun 2014 sebanyak 53 orang siswa. Besar sampel sebanyak 25 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket motivasi belajar siswa sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas; angket partisipasi aktif orang tua sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan tes prestasi belajar membaca Al-Qur’an bentuk pilihan ganda dengan 4 option sebanyak 30 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.; Analisis data menggunakan Regresi Sederhana, dan Regresi Ganda. Dari hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar membaca Al-Qur’an. Terdapat pengaruh pertisipasi aktif orang tua terhadap prestasi belajar membaca Al-Qur’an dan terdapat pengaruh motivasi belajar dan partisipasi aktif orang tua baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama terhadap prestasi membaca Al-Qur’an. Dari pengolahan data diperoleh persamaan regresi yang terbentuk antara X1,X2 dan Y adalah Ŷ= 4,54+ 0.28X1+0.47X2; artinya jika X1 dan X2 diabaikan maka Y sebesar 4,54 dan setiap penambahan 1 point pada X1 akan memberikan tambahan Y sebesar 0.28 dan setiap penambahan 1 point pada X2 akan memberikan tambahan Y sebesar 0.47.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran > 2x1.11 Turun/nuzulul Quran; masukkan di sini ayat-ayat Makiyah dan Madaniyah
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2018 06:09
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2018 06:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2995

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.