Rusdin, Rusdin (2018) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Deskriptif Pada Madrasah Tsanawiyah Daerah Terdepan, Tertinggal dan Trbelakang di Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (264kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (298kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (678kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (112kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (308kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (259kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Kepemimpinan kepala madrasah 2.Kinerja Guru dan Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Tipe kepemimpinan yand diterapkan di MTs Nurul Hidayah Cikaret, MTs Nurul Hidayah Cilipung dan MTs Mathla’ul Anwar Gunung Langkap Kecamatan Cigemblong Kabupaten Lebak yaitu menerapkan tipe kepemimpinan demokratis. Sebuah institusi madrasah untuk mempertahankan eksistensi madrasah maka lembaga pendidikan harus memenuhi keinginan masyarakat, dalam arti peka terhadap market demand (permintaan pasar) dan orientasi lulusan. Gambaran umum kinerja guru di MTs Nurul Hidayah Cikaret, MTs Nurul Hidayah Cilipung dan MTs Mathla’ul Anwar Gunung Langkap merupakan hasil kerja nyata yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain pendidikan, kemampuan, motivasi, usia, pekerjaan yang menarik, upah yang baik, keamanan dan perlindungan dalam pekerjaan, penghayatan atas maksud dan makna pekerjaan, lingkungan dan suasana kerja yang baik, promosi, merasa terlibat dalam kegiatan oganisasi, pengertian dan simpati atas persoalan-persoalan pribadi, dan disiplin kerja yang keras. Kinerja guru di MTs Nurul Hidayah Cikaret, MTs Nurul Hidayah Cilipung dan MTs Mathla’ul Anwar Gunung Langkap dalam pembelajaran sudah memiliki kemampuan antara lain : a). Membuat garis-garis besar penyelenggaraan pendidikan, yang meliputi silabus pembelajaran, program tahunan, dan program semester. b). Melakukan analisa materi pelajara. c). Membuat RPP (Rancangan Penyelenggaraan Pembelajaran. d). Melakukan evaluasi hasil pembelajaran. Strategi kepemimpinan di MTs Nurul Hidayah Cikaret, MTs Nurul Hidayah Cilipung dan MTs Mathla’ul Anwar Gunung Langkap antara lain, kepala madrasah melakuka pembinaan berkelanjutan, peningkatan disiplin, memberikan reward dan punishment, memberikan motivasi berkelanjutan dan meningkatkan komitmen guru melalui : MGMP, KKG, Workshop, dan melakukan evaluasi kinerja. Hasil penelitian ini diharapakan dapat menjadi bahan pemikiran, informasi dan masukan bagi kepala madrasah tentang strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru bagi lembaga-lembaga pendidikan lain, mahasiswa dan seluruh pihak yang membutuhkannya dilingkungan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2018 06:09 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2018 06:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2989 |
Actions (login required)
Lihat Item |